Jessica Prealpato, Wanita Pertama yang Dinobatkan Jadi Pastry Chef Terbaik Dunia

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 15 Jun 2019 08:00 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Jessica Prealpato dinobatkan sebagai pastry chef terbaik dunia versi World's 50 Best Restaurants (11/6/2019). Ia jadi wanita pertama yang menerima gelar tersebut.

Walau dessert buatan Prealpato tidak Instagrammable, cita rasa racikan hidangan penutup miliknyalah yang membuatnya pantas meraih penghargaan tersebut.
Jessica Prealpato, Wanita Pertama yang Dinobatkan Jadi Pastry Chef Terbaik DuniaFoto: istimewa

Baca juga: 3 Restoran di Bangkok Ini Dikelola Oleh 3 Chef Wanita Berbakat

Wanita asal Prancis itu membuat terobosan baru yakni menghadirkan pastry bergenre 'guilt-free patisserie'. Itu karena Prealpato tidak menggunakan banyak gula dalam dessert buatannya.

Ia justru mencampur ragam bahan yang tak biasa diolah menjadi dessert. Bisa dibilang, Prealpato memang sengaja menambahkan bahan-bahan unik ke dalam dessertnya.

Dilansir dari Asia One (12/6), pencinta dessert bisa mencicip rasa sorbet bir malt dengan paduan barley crumble dan hop galette, ceri zaitun atau vanilla Jerusalem artichoke dengan truffle lewat tangan Prealpato.

"Kami mengguncang orang-orang," canda wanita berusia 32 tahun itu dalam sebuah sesi wawancara.

Saat ini, Prealpato sudah menulis buku berisi 50 dessert buatannya berjudul "Desseralite", termasuk "All Rhubarb" miliknya di mana tanaman ini lebih sering diolah dengan cara dipanggang, difermentasi, dan direbus.

"Saya suka menggunakan cuka dan mencoba setiap gaya masak agar saya bisa mendapat cita rasa terbaik dari suatu hidangan," jelas Prealpato.
Jessica Prealpato, Wanita Pertama yang Dinobatkan Jadi Pastry Chef Terbaik DuniaFoto: istimewa

Dengan genre dessert yang dipopulerkan olehnya, Prealpato mengaku kalau dirinya kini lebih jarang menggunakan cokelat atau kopi dalam racikan dessertnya.

Alih-alih bermain dengan rasa asin dan acidity, Prealpato lebih memilih untuk menjadikan gula layaknya penggunaan garam dalam sebuah sajian.

Mendengar dirinya terpilih menjadi pastry chef terbaik dunia, Prealpato mengaku tidak percaya. "Saya terkejut. Ini sangatlah besar bagi saya. Saya tidak pernah berpikir kalau patisserie buatan saja akan dihargai sejauh ini. Tampilan mereka tidaklah cantik," ungkapnya.

Saat ini, Prealpato tengah menjalankan sebuah restoran dengan tiga bintang Michelin Star bernama Alain Ducasse di Plaza Athenee, Paris. Milik chef ternama Prancis, Alain Dicasse.

Baca juga: Raih Penghargaan 'Asia's Best Female Chef 2019', Chef Ini Dulunya Jurnalis (dvs/odi)