Pola Makan Sehat dan Murah

Sehat Tak Harus Mahal, Restoran Ini Sajikan 60 Makanan Vegan Murah dan Enak

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 13 Jun 2019 12:44 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di Indonesia restoran dengan konsep vegan memang belum banyak. Tapi di wilayah Jakarta Utara, ada restoran vegan dengan harga murah dan rasa enak.

Membicarakan makanan vegan, identik dengan sayuran hambar dan pilihan makanan yang terbatas. Tapi jika Anda berkunjung ke restoran Satu Dunia Satu Cinta yang ada di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara, Anda akan disuguhkan dengan puluhan masakan rumahan yang semuanya terbuat dari olahan sayuran dan kedelai.

Baca Juga: Nasi Jagung, Nasi Merah dan Thiwul, Mana yang Paling Rendah Kalori?

"Restoran Satu Dunia Satu Cinta pertama kali dibuka sejak tahun 2005, awalnya hanya makanan rumahan oleh salah satu rekan saya Pak Hiro. Lalu muncul restoran vegan Kehidupan Tidak Pernah Berakhir di Bandung yang viral di tahun 2012. Kemudian sekitar sepuluh tahun yang lalu saya menjadi vegan, dan mulai dikenalkan makanan vegan oleh Pak Hiro," tutur Briyanto, salah satu pemilik restoran Satu Dunia Satu Cinta ketika ditemui detikFood (12/06).
Sehat Tak Harus Mahal, Restoran Ini Sajikan 60 Makanan Vegan Murah dan EnakFoto: dok. detikFood

Selain itu restoran Satu Dunia Satu Cinta ini muncul dari keinginan Briyanto, agar masyarakat Indonesia lebih sehat dan lebih perduli dengan pola makan mereka.

"Makanan merupakan hal yang paling fundamental. Kenapa vegan? Karena sekarang ini kalau kita lihat, pola hidup manusia jaman sekarang ini sudah salah arah," lanjutnya.

Pola makan yang tak teratur, hingga tingginya konsumsi daging menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh. Banyak orang yang tak mau untuk beralih ke vegan, karena sulit menemukan makanan vegan yang ramah di kantong dan cocok di lidah juga menjadi salah satu gagasan berdirinya restoran ini.

"Vegan itu identik dengan dua hal, tidak enak dan mahal. Padahal sebenarnya vegan itu merupakan makanan murah, karena terdiri dari sayuran saja. Kami sengaja mematok harga murah, agar semua orang dan kalangan bisa makan sehat di restoran kami," ungkap Briyanto.

Setiap harinya restoran Satu Dunia Satu Cinta mampu menjual lebih dari 300 porsi makanan sehat. Menu makanan yang dihadirkan ada lebih dari 100 jenis, di mana setiap harinya ada 60 makanan rumahan yang disajikan untuk pelanggan.
Sehat Tak Harus Mahal, Restoran Ini Sajikan 60 Makanan Vegan Murah dan EnakFoto: dok. detikFood

Konsepnya mirip seperti prasmanan, di mana para pengunjung bisa memilih langsung makanan yang diinginkan sesuai selera. Lalu tersedia juga air putih gratis, dan layanan self-service yang diterapkan di restoran vegan ini.

Uniknya, semua makanan yang ditawarkan merupakan makanan khas Indonesia yang sudah familiar. Seperti tumis kangkung, orek tempe, sambal goreng kentang, ayam pedas, udang pete, bakso, ayam timbel, pecel lele, rendang, hingga sate. Semua olahan makanan ini terbuat dari kedelai yang dipadatkan, dan ada juga sebagian yang terbuat dari jamur.
Sehat Tak Harus Mahal, Restoran Ini Sajikan 60 Makanan Vegan Murah dan EnakFoto: dok. detikFood

"Kenapa kami masih sajikan menu daging seperti rendang atau sate, itu semua terbuat dari kedelai atau sayuran lainnya. Tidak menggunakan produk hewani sama sekali, dan dijamin halal. Karena kami ingin mengajarkan pola makan vegan ini secara perlahan-lahan, jadi tidak bisa orang dipaksa langsung untuk menghilangkan menu daging dari makanan mereka. Tapi lewat produk daging vegan di restoran kami, kami ingin menunjukkan kepada orang-orang bahwa daging sayur ini rasanya sama dengan makanan olahan daging asli," jelas Briyanto.

Menu makanan yang paling populer ada rendang yang terbuat dari jamur, dan sate daging yang terbuat dari kedelai. Uniknya, semua produk olahan daging ini punya rasa dan tekstur yang mirip seperti daging asli.

"Indonesia itu kaya akan rempah. Jadi itulah yang kami gunakan. Memanfaatkan rempah-rempah Indonesia yang beragam, untuk menghasilkan makanan yang sehat dan enak," sambungnya.
Sehat Tak Harus Mahal, Restoran Ini Sajikan 60 Makanan Vegan Murah dan EnakFoto: dok. detikFood
Untuk masalah harga tak perlu khawatir karena Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 13.500 saja, sudah bisa makan nasi putih, ditemani empat pilihan sayur tumis dengan porsi royal. Sementara menu satuan lainnya seperti sate, rendang, ayam pedas, bakso goreng, dibanderol kisaran Rp 5.000 - Rp 7.500 saja.

"Untuk terus mengajak dan mengenalkan pola makan vegan yang sehat kepada banyak orang, kedepannya kami berencana untuk membuka banyak cabang restoran vegan yang sehat dan murah di Indonesia," pungkas Briyanto.

Baca Juga: Diklaim Bisa Detoks Tubuh, Benarkah Infused Water Berkhasiat?



Satu Dunia Satu Cinta
Jl. A1 Teluk Gong No.34 2 10.
Pejagalan, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara.
Telp: (021) 6692093.

(sob/odi)