Pola Makan Sehat dan Murah

5 Salad Nusantara yang Bisa Jadi Santapan Sehat dan Murah Meriah

Devi Setya - detikFood Rabu, 12 Jun 2019 18:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Indonesia juga punya sederet salad enak yang bisa diracik jadi santapan enak, murah meriah dan pastinya sehat. Ada pecel, urap hingga gado-gado yang maknyus!

Salad khas Indonesia ini biasanya terbuat dari campuran aneka sayuran yang kaya vitamin dan serat. Istimewanya lagi, salad lokal ini bisa disantap langsung atau dijadikan lauk teman makan nasi.

Berikut ini beberapa salad lokal asli Indonesia yang bisa jadi alternatif santapan sehat tinggi serat.

1. Gado-gado
5 Salad Nusantara yang Bisa Jadi Santapan Sehat dan Murah MeriahFoto: dok. detikFood

Gado-gado dikenal sebagai makanan khas Betawi namun sebenarnya di Indonesia ada banyak versi gado-gado. Sesuai dengan namanya, gado-gado artinya dicampur dan diaduk, makanan ini juga menggunakan banyak sayuran yang diaduk jadi satu.

Seporsi gado-gado biasa disajikan dengan campuran kol, tauge, kangkung yang sudah direbus. Tak hanya itu, ada juga pelengkap lainnya mulai dari mentimun, tahu, tempe, kentang goreng hingga telur rebus. Kelezatan gado-gado terletak pada bumbu kacangnya yang creamy dan legit.

Baca juga : Tak Kalah dengan Salad, Krenyes Segar Sayuran Pecel Juga Kaya Nutrisi

2. Pecel
Mirip dengan gado-gado, pecel juga tak kalah populer. Pecel banyak dijadikan santapan masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta terutama saat sarapan. Di Jawa Timur, kawasan Madiun jadi lokasi yang terkenal dengan pecelnya yang juga juara.

Pecel biasa disajikan dengan isi kangkung, kacang panjang, daun singkong, daun pepaya, tauge, bayam dan kemangi. Ada juga pecel yang diberi rebusan kembang turi. Setelah sayuran diracik, semuanya diguyur dengan bumbu kacang yang rasanya khas karena diberi campuran kencur, gula merah dan jeruk purut.

3. Karedok
5 Salad Nusantara yang Bisa Jadi Santapan Sehat dan Murah MeriahFoto: iStock/Detikfood

Serupa tapi tak sama, jika gado-gado dan pecel dibuat dengan sayuran rebus maka karedok terbuat dari sayuran segar yang masih mentah. Karedok khas Jawa Barat ini biasa dijadikan lauk teman makan nasi.

Bumbu karedok juga menggunakan sambal kacang namun dengan konsistensi yang lebih cair dan segar karena diberi tambahan air asam. Karena menggunakan sayuran mentah, karedok terasa lebih segar dan bertekstur.

4. Urap
Tidak melulu disajikan dengan sambal kacang, salad lokal yang satu ini tersaji dengan kelapa parut berbumbu. Urap terdiri dari sayuran antara lain bayam, kangkung, tauge, kacang panjang dan kol. Beberapa orang bahkan menambahkan wortel hingga daun kenikir.

Bumbu urap tidaklah basah karena terbuat dari kelapa parut yang dicampur bumbu lalu dikukus hingga matang. Campuran cabai, bawang merah dan kencur jadi kunci kelezatan urap.

5. Asinan
5 Salad Nusantara yang Bisa Jadi Santapan Sehat dan Murah MeriahFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Asam pedas asinan juga termasuk salad lokal khas Indonesia. Racikan segar asinan Bogor dan asinan Betawi sudah terkenal enaknya. Campuran tauge, mentimun, bangkuang, wortel hingga tahu semakin lezat dengan guyuran saus cuka yang encer.

Saus asinan biasa dilengkapi dengan kacang tanah goreng. Selain asinan sayur, ada juga asinan buah yang tak kalah menggoda. Asinan ini paling enak dinikmati dingin sebagai makanan selingan.

Baca juga : Asam Pedas 5 Asinan Bogor yang Bisa Bikin Merem Melek (dvs/odi)