Inovatif! 'Plastik' Ramah Lingkungan Ini Dibuat dari Limbah Pertanian

Shara Azzhara - detikFood Rabu, 12 Jun 2019 17:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pemakaian plastik memunculkan dampak kerusakan besar bagi lingkungan. Sebagal alternatif, ada bahan 'plastik' ramah lingkungan dari limbah pertanian organik.

Kemasan produk yang digunakan sehari-hari memang sangat dekat dengan manusia. Hal ini membuat sampah plastik semakin bertambah jumlahnya. Demi menciptakan lingkungan bebas dari sampah nonorganik, manusia terus menciptakan terobosan bahan alternatif.

Dikutip dari Metro (12/6), perusahaan bernama Makegrowlab telah mengembangkan bahan yang dapat digunakan sebagai kemasan produk-produk yang biasa digunakan sehari-hari. Kemasan ini secara keseluruhan dibuat dari limbah pertanian organik yang diolah menjadi bahan untuk berbagai kemasan.

Inovatif! 'Plastik' Ramah Lingkungan Ini Dibuat dari Limbah PertanianFoto: Istimewa

Baca juga: Yuk, Kurangi Sampah Plastik di Dapur dengan 4 Cara Ini!

Bahan kemasan yang diberi nama Scoby ini dapat dibuat menjadi pembungkus sabun, kemasan sachet untuk rempah, hingga kantung sereal. Bahan ini juga dapat diolah menjadi produk pengganti plastic wrap untuk membungkus makanan agar tetap higienis.

Scoby telah melalu proses sedemikian rupa sehingga mampu melindungi produk dari oksigen, mikroba, dan air. Hal ini memungkinkan Scoby untuk digunakan sebagai kemasan berbagai jenis produk. Menurut Makegrowlab, Scoby dapat bertahan dalam keadaan maksimal hingga durasi 2 tahun.

Inovatif! 'Plastik' Ramah Lingkungan Ini Dibuat dari Limbah PertanianFoto: Istimewa

Baca juga: Kue Tradisional dalam Kemasan Modern, Bisnis Anak Muda ala Iki Koue

Produksi Scoby tidak menggunakan sedikitpun unsur plastik atau bahan lain yang dapat merusak lingkungan. Ketika sudah digunakan, sampah dari kemasan tidak akan mengancam lingkungan karena 100% dapat dijadikan kompos dan akan terurai bersama sisa sayur dan buah. Bahkan jika Anda penasaran, kemasan ini aman untuk dikonsumsi oleh tubuh.

Bahan alternatif pengganti plastik ini dipasarkan melalui situs resmi milik Makegrowlab, namun Scoby masih diproduksi dalam skala kecil dan belum dapat memenuhi antusias pemesan. Karenanya, penjualan produk ini ditutup sementara waktu untuk dipindahkan ke fasilitas produksi yang lebih besar.

Baca juga: 10 Kemasan Makanan yang Sia-sia Ini Bikin Netizen Heran!

(adr/odi)