Lebaran di Solo, Presiden Jokowi dan Keluarga Jajan Soto hingga Borong Pisang

Devi Setya - detikFood Senin, 10 Jun 2019 11:00 WIB
Foto: instagram jokowi/sektetariat kabinet Foto: instagram jokowi/sektetariat kabinet
Jakarta - Menghabiskan sisa libur Lebaran di Solo, keluarga Jokowi melakukan banyak kegiatan bersama. Mulai makan soto legendaris hingga belanja aneka buah.

Usai menghabiskan momen Lebaran di Jakarta dan Yogyakarta, keluarga Jokowi pulang ke tanah kelahirannya di Solo. Minggu (9/6) pagi Jokowi terlihat menyambangi Pasar Gedhe Solo bersama keluarganya.

Jokowi dan keluarga tiba di pasar ini sekira pukul 09.57 WIB sambil menggendong cucunya Jan Ethes. Mengenakan kemeja putih, Jokowi langsung disambut ramai riuh pengunjung pasar.
Lebaran di Solo, Presiden Jokowi dan Keluarga Jajan Soto hingga Borong PisangFoto: instagram jokowi/sektetariat kabinet

Baca juga : Makan Malam di Yogyakarta Jokowi dan Keluarga Pilih Nikmati Sate Gembus

"Berbelanja di pasar gede Solo, pagi tadi. Pasar induk terbesar di solo ini sedang ramai pengunjung. Kami membeli ulekan dan centong nasi. Juga buah-buahan seperti salak, jeruk, blewah hingga kesemek," tulis Jokowi pada unggahan fotonya di akun instagram.

Dalam beberapa foto yang dibagikan terlihat Jokowi dan keluarga sempat mampir ke banyak kios. Pria asli Solo ini singgah di kios penjual buah hingga keripik.

Ibu negara, Iriana Jokowi juga tak kalah semangat. Ia tampak asyik memilih berbagai camilan kemasan, oleh-oleh khas Solo hingga memborong es dawet.

Kedai dawet telasih Bu Hj. Sipon mendadak ramai setelah Iriana membeli beberapa bungkus es dawet.
Lebaran di Solo, Presiden Jokowi dan Keluarga Jajan Soto hingga Borong PisangFoto: instagram jokowi/sektetariat kabinet

"Beli dawet Rp 200 ribu dapat 20 (bungkus). Uenak, seneng kan sudah biasa Pak Jokowi beli di sini. Biasanya waktu jadi walikota itu dua kali seminggu ke sini, sama tukang becak ke sini," ujar penjual dawet.

Pemandangan menarik juga terlihat dari dua putra Jokowi yakni Gibran dan Kaesang. Keduanya ternyata mendapat tugas untuk membawa setumpuk pisang mas dan pisang raja yang diborong sang ayah.

Dengan wajah dihiasi senyum, Gibran dan Kaesang tetap berjalan membelah keramaian pasar sambil membawa sekeranjang pisang. "Berat memang tapi tak apa, ada Gibran dan Kaesang yang sigap bantu memgangkatnya," lanjut Jokowi.
Lebaran di Solo, Presiden Jokowi dan Keluarga Jajan Soto hingga Borong PisangFoto: instagram jokowi/sektetariat kabinet

Sebelum menyambangi pasar Gede, Jokowi dan keluarga lebih dulu mampir ke kedai soto legendaris. Kedai Soto Triwindu memang jadi salah satu Favorit keluarga Jokowi.

Kedai soto sederhana ini sudah buka sejak tahun 1939. Lokasinya di kawasan Keprabon, Banjarsari, Solo. Tak jauh dari pasar barang antik Triwindu.

Soto Triwindu ini termasuk soto daging berkuah bening. Yang membuatnya istimewa adalah rasa gurih segar dari kuah kaldu soto yang dikombinasi dengan berbagai isian.
Lebaran di Solo, Presiden Jokowi dan Keluarga Jajan Soto hingga Borong PisangFoto: Kris-Biro Pers Setpres

Semangkuk soto Triwindu berisi nasi putih, kecambah, irisan daging sapi dan kuah kaldu, pelengkapnya ada taburan daun seledri dan bawang goreng. Irisan daging sapi yang digunakan pada soto ini bukan hanya empuk melainkan juga terasa berbumbu.

Proses pemasakan yang masih menggunakan arang kayu membuat soto semakin istimewa. Biasanya soto Triwindu dimakan bersama tempe, tahu goreng, iso, babat dan lentho yakni perkedel yang terbuat dari singkong dan kacang tolo.

Baca juga : 12 Pose Jokowi Saat Blusukan ke Pasar Anyar Tangerang (dvs/odi)