Keripik Bekicot Hingga Tahu Takwa yang Enak dari Kediri

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 10 Jun 2019 08:48 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Lewat Kediri, jangan sampai tak mencicip makanan ini. Tahu takwa hingga stik tahu yang renyah bisa juga jadi oleh-oleh.

Dikenal sebagai kota tahu. Kediri memang banyak mengolah tahu jadi beragam hidangan dan camilan enak. Semua makan ini tak hanya bisa jadi oleh-oleh tapi juga bisa jadi camilan saat jalan pulang.

Baca juga: Pedas Gurih Kresengan Bekicot yang Nikmat Kaya Gizi

1. Stik tahu Kediri

Keripik Bekicot Hingga Tahu Takwa yang Enak dari KediriFoto: Istimewa

Kalau tahu biasanya digoreng, kali ini tahu renyah dijadikan sebagai camilan enak. Teksturnya renyah dan memiliki rasa gurih. Stik tahu juga cocok dijadikan sebagai teman makan nasi.

Stik tahu dikemas dalam wadah plastik dan banyak dijual di toko oleh-oleh yang berada di Kediri. Salah satunya adalah toko oleh-oleh di Jalan Pattimura dan Yos Sudarso.

2. Tahu Pong

Keripik Bekicot Hingga Tahu Takwa yang Enak dari KediriFoto: Istimewa

Nah kalau tahu jenis ini tak hanya dijual georbakan. Tapi saat Lebaran juga selalu jadi suguhan tiap rumah untuk tamu yang datang. Tahu pong goreng enak dijadikan sebagai camilan mengenyangkan.

Paling enak disantap dengan sambal petis atau cabai rawit. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi kalau mau menikmati tahu pong, langsung saja mampir ke Tahu dan Takwa Bah Kacung Cakrawijaya yang beralamat di Trunojoyo No. 59.

3. Tahu Takwa

Keripik Bekicot Hingga Tahu Takwa yang Enak dari KediriFoto: Istimewa

Namanya unik ya. Tahu kuning khas Kediri ini memiliki tekstur yang lebih padat dari tahu putih. Ketika digoreng, bagian luarnya akan kering garing namun bagian dalamnya tetap lembut.

Tahu jenis ini selalu jadi buruan banyak wisatawan dan oleh-oleh sejak tahun 90-an. Tahu dikemas dalam wadah anyaman bambu dan bisa juga dibawa dalam keadaan sudah digoreng.

Salah satu tempat membeli tahu takwa ini adalah di Jalan Trunjoyo No. 59.

4. Getuk pisang

Keripik Bekicot Hingga Tahu Takwa yang Enak dari KediriFoto: Istimewa

Selain tahu, Kediri juga memiliki getuk pisang. Teksturnya kenyal dengan sensasi rasa manis dan agak asam.

Berbentuk seperti lontong berbalut daun pisang, getuk ini bisa tahan sampai sekitar seminggu. Cocok jadi oleh-oleh.

Untuk membelinya Anda bisa mampir ke Gethuk Pisang Madusari yang berada di Jalan Ngadisimo Utara I No. 37 atau di sekitaran Jalan Pattimura.

5. Keripik Bekicot

Keripik Bekicot Hingga Tahu Takwa yang Enak dari KediriFoto: Istimewa

Selain sate, bekicot juga diolah jadi oleh-oleh khas. Bekicot goreng punya rasa yang gurih, renyah sedikit manis. Meskipun terlihat agak menjijikan, namun bentuk keripiknya bukan bekicot utuh. Jadi tak ada salahnya ya untuk mencoba.

Baca juga: Biar Semangat dan Sehat, Ayo Sarapan Pecel Kediri yang Sedap (dwa/odi)