Kuliner Mudik dan Lebaran

Mampir Madiun Wajib Bawa Pulang Sambal Pecel dan Kerupuk Puli

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 08 Jun 2019 15:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Madiun terkenal dengan sambal pecelnya yang mantap, jangan lupa bawa sambal ini sebagai oleh-oleh. Ada juga kudapan lainnya yang juga recommended.

Sebelum kembali menjalani aktivitas di tanah rantau, borong dulu oleh-oleh khas Madiun. Mulai brem, sambal pecel hingga madu mongso siap diboyong untuk dibagikan ke tetangga dan kerabat.

Berikut beberapa oleh-oleh Madiun yang bisa jadi buah tangan.

1. Brem
Dari Madiun Wajib Bawa Pulang Sambal Pecel dan Kerupuk PuliFoto: Istimewa

Brem jadi oleh-oleh yang pertama harus dibeli. Rasanya yang enak dan unik membuat brem jadi salah satu ikon kuliner Kota Madiun. Brem terbuat dari sari ketan yang difermentasi, rasanya manis asam dan mengeluarkan sensasi dingin saat disantap.

Kalau mau membeli Brem asli Madiun cirinya adalah memiliki bentuk kotak pipih dengan warna putih sedikit kekuningan. Dalam versi tradisional, brem hanya punya rasa original tapi kini produsen brem sudah membuat varian rasa kekinian brem mulai rasa strawberry, cokelat, keju dan lain sebagainya.

Baca juga : Pecel Ndeso, Pecel Madiun dan Pecel Nganjuk yang Sedep Mantep!

2. Kerupuk puli
Dari Madiun Wajib Bawa Pulang Sambal Pecel dan Kerupuk PuliFoto: Istimewa

Di Madiun ada kerupuk khas yang biasa disebut kerupuk puli atau kerupuk lempeng. Bahan dasar untuk membuat kerupuk ini adalah nasi.

Kerupuk ini mudah ditemui di pusat oleh-oleh. Tersedia dalam bentuk mentah maupun yang sudah digoreng. Biasanya orang lebih senang membawa oleh-oleh kerupuk puli dalam bentuk mentah, karena lebih praktis dan awet.

3. Roti bluder
Dari Madiun Wajib Bawa Pulang Sambal Pecel dan Kerupuk PuliFoto: Istimewa

Di Madiun ada roti tradisional yang punya rasa klasik. Kuliner legendaris ini sudah ada sejak 1889. Roti bluder cokro milik Nyonya Susana adalah yang paling terkenal. Tak sedikit orang yang mampir ke kedai jadul ini untuk memborong aneka roti klasik.

Roti Belanda yang dikreasikan dengan selera lokal ini punya berbagai varian rasa mulai kismis, keju, kacang, abon dan lainnya. Roti ini awet sampai 6 hari jadi bisa dijadikan oleh-oleh maupun bekal selama perjalanan.

4. Sambal pecel
Dari Madiun Wajib Bawa Pulang Sambal Pecel dan Kerupuk PuliFoto: Istimewa

Pecel Madiun memang juara, apalagi sambal kacangnya yang kental gurih. Kalau ketagihan dengan enaknya pecel Madiun, jangan lupa membawa sambal pecelnya sebagai buah tangan.

Tak sulit menemukan sambal pecel Madiun di pusat oleh-oleh. Biasanya sambal pecel dijual dalam bentuk padat, saat akan digunakan tinggal tambahkan air hangat. Bukan hanya untuk pecel saja, sambal pecel Madiun enak diguyurkan pada mie goreng atau bahkan cocolan gorengan.

5. Madu mongso
Dari Madiun Wajib Bawa Pulang Sambal Pecel dan Kerupuk PuliFoto: Istimewa

Bagi penggemar kudapan manis, madu mongso bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Madiun. Jajanan tradisional ini punya rasa manis dan tekstur lengket. Bahan baku utamanya adalah ketan hitam yang diolah jadi tape lalu dimasak bersama campuran gula pasir dan santan.

Madu mongso dikemas cantik dengan bungkus kertas minyak warna-warni. Sekilas madu mongso mirip seperti dodol. Di Madiun, masyarakat biasa menyajikan madu mongso sebagai kudapan spesial saat Lebaran.

Baca juga : Cak Sugik: Uenak Pol! Pecel Madiun dan Nasi Rawon di Atas Pincuk



(sob/odi)