Rekomendasi Tempat Makan

Siang Ini Enaknya Makan Soto Kuah Bening di 5 Tempat Ini

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 08 Jun 2019 11:00 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Bosan makan olahan santan? Gimana kalau makan yang berkuah ringan dengan harga terjangkau seperti soto. Ada soto khas Boyolali hingga Padang enak!

Soto berkuah bening hingga kental yang dipadu koya gurih bisa jadi pilihan santap siang yang pas. Kalau ingin makan soto ayam tanpa kuah santan ataupun soto Padang enak, lima tempat ini cocok disambangi.

1. Soto Sedaap Boyolali Hj.Widodo

Siang Ini Enaknya Makan Soto Kuah Bening di 5 Tempat IniFoto: Lusiana Mustinda

Kedai soto yang sudah dibuka sejak tahun 2002 ini punya puluhan cabang di Indonesia. Beberapa di antaranya tersebar di Jakarta, Bekasi hingga Tangerang dan Depok. Di Jakarta, salah satu cabangnya yang sudah buka ada di wilayah Cibubur.

Selain enak, semangkuk soto racikan Hj.Widodo dibanderol dengan harga ramah di kantong yakni sekitar Rp 12.000. Pilihan isiannya ada suwiran ayam atau daging. Soto khas Boyolali, Jawa Tengah ini juga dilengkapi nasi, tauge, taburan bawang goreng, seledri, dan suun. Pelengkap berupa tahu goreng, sate otak goreng, sate paru hingga tempe mendoan makin menyemarakkan selera.

Soto Sedaap Boyolali Hj.Widodo
Jl. Jambore No.9A
Cibubur, Jakarta Timur

Baca juga: Soto Sedaap Boyolali: Murah Meriah, Seporsi Soto Ayam dan Daging Cuma Rp 8 Ribu!

2. Soto Kudus Blok M

Siang Ini Enaknya Makan Soto Kuah Bening di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Foto: Good Indonesia Food
Kedai soto Kudus yang satu ini sudah sangat populer. Tak heran kalau Soto Kudus Blok M beberapa cabang di wilayah Jakarta seperti wilayah Radio Dalam hingga Kelapa Gading.

Ada beragam pelengkap yang bisa dipilih di sini, seperti baceman, gorengan, sate ati ampela hingga kerupuk gendar. Anda bisa memilih porsi penuh maupun setengah porsi. Selain soto, Soto Kudus Blok M juga menyediakan rawon daging hingga pindang Kudus. Harga sotonya juga terjangkau mulai dari Rp 17.000 hingga Rp 30.000.

Soto Kudus Blok M
Jl. Wijaya 1 No. 44, Dharmawangsa
Telepon: 021 72800656

3. Coto Makassar Senen

Siang Ini Enaknya Makan Soto Kuah Bening di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Meski bukan termasuk soto berkuah bening, coto Makassar tetap bikin makan berselera lantaran tidak diberi campuran santan. Kuah cokelat keruh dengan rasa gurih yang sedap justru menggiurkan. Salah satu kedai coto Makassar yang tetap buka usai Lebaran ada di kawasan Senen. Meskipun tempatnya tak terlalu luas tapi coto Makassar di sini terkenal kelezatannya.

Warung ini juga menyediakan nasi dan buras yang bisa dipilih sebagai teman makan semangkuk coto Makassar. Kalau mau makan di sini harus sabar karena saat jam makan, warung akan dipenuhi pembeli.

Coto Makassar Senen
Jl. Kramat Raya/Soka, Daeng Ngawing No.2
Telp: 0852-8596-9135

4. Soto Kudus Senayan

Siang Ini Enaknya Makan Soto Kuah Bening di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Foto: Angela Maria
Mau makan soto Kudus enak di Kelapa Gading, datangi saja Soto Kudus Senayan. Pilihannya ada Nasi Soto Kudus atau pun Soto Kudus polos. Sate kerang, sate telur puyuh hingga bakwan jagung, kerupuk gendar dan paru jadi pelengkap soto. Harganya cukup terjangkau yakni sekitar Rp 23 ribu.

Soto Kudus Senayan
Mall Artha Gading, Lantai 2
Jl. Boulevard Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telp: 021 4532977

5. Padang Merdeka

Siang Ini Enaknya Makan Soto Kuah Bening di 5 Tempat IniFoto: dok. detikFood

Kalau inginkan soto khas Minang, tempat ini wajib disinggahi. Sebab rumah makan Padang ini tetap buka meski Lebaran. Soto Padang di sini terdiri dari irisan daging sapi yang renyah, suun, perkedel kentang, dan taburan bawang goreng hingga seledri. Tak ketinggalan kerupuk pink yang wajib ada dalam soto Padang.

Setelahnya baru disiram dengan kuah yang dilengkapi lemak sapi gurih. Rasanya gurih enak dengan kuah soto yang sedikit kental dan lekat dari kaldu serta lemak sapi. Mantap!

Padang Merdeka
Jl. KH. Abdullah Syafe'i No. 2
Tebet, Jakarta Selatan
Telp: 021 22833956

Baca juga: Diracik Sejak Tahun 1942, Soto Padang H. St Mangkuto Tak Pernah Berubah Rasanya (dwa/odi)