Kuliner Mudik dan Lebaran

Ikut Lebaran, Dubes Jepang Asyik Makan Ketupat hingga Toge Goreng

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 08 Jun 2019 10:00 WIB
Foto: Instagram jpnambasindonesia Foto: Instagram jpnambasindonesia
Jakarta - Masafumi Ishii adalah Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia. Ia terkenal hobi kulineran dan tak melewatkan menu tradisional enak di hari Lebaran.

Melalui akun Instagram @jpnsambsindonesia, Ishii kerap membagikan momen kulineran pada lebih dari 43.000 followersnya. Dubes Jepang untuk Indonesia sejak 2017 ini juga menyertakan keterangan menarik di fotonya dalam bahasa Indonesia dan Jepang.

Ikut Lebaran, Dubes Jepang Asyik Makan Ketupat hingga Toge GorengFoto: Instagram jpnambasindonesia

Di hari Lebaran kemarin, Ishii mengatakan dirinya menikmati ketupat. "Hari ini lebaran special, saya menikmati makanan khas lebaran saat berkeliling ke acara Open House yang diadakan oleh para pejabat tinggi pemerintah💙," tulisnya.

Baca Juga: Potret Seru Gaya Kulineran Dubes Jepang yang Hobi Cicip Makanan Indonesia

Terlihat unggahan itu menyertakan 7 foto Ishii berpose dengan makanan. Ada ketupat, opor & rendang, mie kangkung, toge goreng, kurma, kolang-kaling dan tape ketan, serta waffle bentuk sate yang ia cicip.

Ikut Lebaran, Dubes Jepang Asyik Makan Ketupat hingga Toge GorengFoto: Instagram jpnambasindonesia

Menariknya dari unggahan ini juga terlihat sosok istri Ishii. Istri pria 61 tahun ini tampil cantik mengenakan kimono bermotif batik saat menghadiri jamuan makan para pejabat tinggi pemerintah.

"Selamat menikmati sajian nusantara Pak. Obi nya ibu bagus sekali, motif batik ❤," komentar seorang netizen. Ada juga netizen yang iseng bertanya, "Enak kan pak? Di jepang ga ada yaaaa?👍"

Bukan hanya saat Lebaran, momen melahap makanan tradisional enak ala Ishii juga sering terjadi. Dalam sebuah kesempatan, ia menikmati nasi langgi.

Ikut Lebaran, Dubes Jepang Asyik Makan Ketupat hingga Toge GorengFoto: Instagram jpnambasindonesia

Terungkap juga kalau pria lulusan universitas hukum di Tokyo ini sangat menyukai keripik singkong sebagai camilan. Ia juga mengaku sebagai penganut tim nasi campur saat melahap sajian berkuah seperti soto dan garang asem ayam.

"Hey saya team soto campur‼️ Menu siang ini adalah 'Garang Asem Ayam' 🐓♥️🇮🇩🍚🍄 Saya tidak bisa makan nasi tanpa krupuk," katanya dalam sebuah unggahan. Ishii juga tampak 'setia' mengenakan batik dalam kesehariannya.

Baca Juga: Menlu Retno Marsudi Cicipi Kuliner Bantul Hingga Bogor
(dwa/odi)