Kuliner Mudik dan Lebaran

Lebaran di Medan, Jangan Lupa Borong 5 Oleh-oleh Ini

Devi Setya - detikFood Jumat, 07 Jun 2019 10:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Medan punya kuliner khas yang siap jadi santapan sekaligus oleh-oleh. Kalau mudik ke Medan, jangan lupa borong ragam oleh-oleh yang enak.

Dr. Wan Hidayati M.Si selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara menjelaskan Medan memiliki banyak kuliner yang bisa jadi oleh-oleh. Sebut saja bolu meranti, sirup markisa hingga ikan teri medan bisa diboyong usai mudik dari Medan.

1. Bolu Meranti
Lebaran di Medan, Jangan Lupa Borong 5 Oleh-oleh Ini Foto: istimewa

Kurang lengkap rasanya kalau ke Medan tanpa memboyong bolu meranti sebagai oleh-oleh. Bolu gulung khas Medan ini sangat kesohor karena rasanya yang manis legit dan bertekstur lembut.

Bolu gulung ini dipelopori Nyonya Ai Ling yang menjual bolu karena alasan iseng. Kini bolu meranti semakin digemari banyak orang, apalagi sekarang tersedia banyak pilihan rasa mulai dari rasa cokelat, keju, nanas, abon ayam, hingga bolu gulung 3 in 1.

Bolu Meranti bisa dibeli di dua toko resminya di Jalan Kruing dan di Jalan Sisingamangaraja, Medan. Pastikan datang lebih awal kalau tak mau kehabisan bolu legendaris ini.

Baca juga : Kalau ke Medan, 7 Oleh-oleh Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan Ya!

2. Sirup Markisa
Lebaran di Medan, Jangan Lupa Borong 5 Oleh-oleh Ini Foto: istimewa

Kesegaran buah markisa khas Medan bisa melegakan tenggorokan, apalagi kalau dinikmati dingin. Sirup khas ini bisa dengan mudah ditemui di seluruh pelosok Medan.

Sirup markisa terbilang kuliner legendaris yang sudah diproduksi sejak puluhan tahun lalu. Pohon markisa yang tumbuh subur di Medan membuat masyarakat memproduksi sirup ini secara home industry. Selain segar dan enak, sirup markisa juga awet disimpan dalam waktu lama sehingga siap dijadikan oleh-oleh.

3. Kopi Sidikalang
Lebaran di Medan, Jangan Lupa Borong 5 Oleh-oleh Ini Foto: istimewa

Bagi pencinta kopi, tak lengkap rasanya berkunjung ke Medan tanpa membawa kopi sidikalang. Kopi yang dipanen di dataran tinggi pegunungan di Medan ini dikenal sebagai varietas kopi terbaik.

Kopi sidikalang bisa dengan mudah ditemui di banyak tempat di Medan termasuk di pusat kota. Kopi ini tersedia dalam bentuk biji maupun bubuk, kemasannya juga bervarian mulai dari 100 gram hingga 1 kilogram.

4. Teri Medan
Lebaran di Medan, Jangan Lupa Borong 5 Oleh-oleh Ini Foto: istimewa

Kelezatan teri medan asli harus dirasakan di tempat asalnya. Meskipun teri ini mudah ditemui di banyak tempat tapi di Medan rasa teri lebih nikmat dan gurih.

Teri Medan bisa dibeli dalam keadaan mentah maupun matang. Kini teri Medan juga tersedia dalam bentuk olahan sambal yang siap disantap. Kemasan yang praktis membuat teri siap jadi oleh-oleh khas Medan.

Lokasi yang bisa disambangi ketika mencari teri edan adalah ke pasar Petisah Medan. Pasar tradisional ini menyediakan banyak makanan khas Medan termasuk teridan beragam ikan asin. Harga ikan teri yang bagus sekitar Ro 100 ribu per kilogram.

5. Durian Medan
Lebaran di Medan, Jangan Lupa Borong 5 Oleh-oleh Ini Foto: istimewa

Akan rugi sekali kalau bertandang ke Medan tanpa menikmati buah durian. Legit manis durian Medan yang berdaging tebal siap juga jadi oleh-oleh. Tapi kalau terlalu repot membawa durian, bisa membeli dalam bentuk pancake durian.

Pancake dengan kulit dadar tipis ini diberi isian daging buah durian dan whippied cream. Paling enak saat dimakan dingin, teksturnya lembut dan manis dengan isian daging durian yang tebal.

Kalau mau membawa pancake durian, kudapan manis ini tersedia di banyak pusat oleh-oleh Medan. Pancake juga dijual per paket mulai isi 12 hingga 21.

Baca juga : Kue-kue Tradisional Sumatera Utara Ini Bisa Jadi Oleh-oleh Enak (dvs/odi)