Kuliner Mudik dan Lebaran

Simpan Sisa Opor, Rendang, dan Ketupat dengan Cara Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 06 Jun 2019 16:25 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Sering kali hidangan Lebaran bersisa banyak. Simpan opor, rendang, dan ketupat dengan cara ini agar awet kualitasnya.

Menyimpan sisa hidangan Lebaran harus tahu triknya. Ini agar rasa hidangan Lebaran tetap enak meski akan dinikmati keesokan harinya. Kalau ada sisa opor, rendang, dan ketupat, simak tips menyimpannya berikut ini.

Baca Juga: Masih Ada Sisa Makanan Lebaran? Ini 4 Cara Memanfaatkannya

1. Tips menyimpan

Simpan Sisa Opor, Rendang, dan Ketupat dengan Cara IniFoto: iStock

Cara terbaik menyimpan makanan sisa adalah dibekukan jika makanan tersebut tidak akan dimakan kembali dalam 3-4 hari ke depan. Kurang dari itu, simpan makanan dalam wadah tertutup dan taruh dalam bagian bawah kulkas (chiller). Makanan yang dibekukan lebih terjaga rasa dan kualitas nutrisinya.

Yang jelas, hindari menyimpan makanan di kulkas dalam kondisi masih panas. Hal ini bisa menghangatkan suhu kulkas di atas 4C sehingga mikroorganisme mungkin bahaya tumbuh dalam makanan.

2. Menyimpan opor ayam

Simpan Sisa Opor, Rendang, dan Ketupat dengan Cara IniFoto: Instagram

Opor ayam dan hidangan bersantan lain seperti sayur gurih dan gulai perlu disimpan dengan tepat. Ini karena santan bisa memicu makanan cepat basi. Cara utama adalah menempatkan sisa hidangan bersantan di wadah tertutup lalu simpan di kulkas.

Kalau mau disimpan di suhu ruangan, panaskan dulu hidangan bersantan hingga bergolak mendidih beberapa saat. Matikan api, buka sedikit tutup panci dan biarkan hingga dingin. Kemudian tutup panci dan simpan di area kering.

Nah, setelah hidangan bersantan dipanaskan, jangan aduk atau diambil kembali. Sebab sendok dan kontak udara bisa membuat masakan basi.

Cara terakhir adalah dengan memasukkan hidangan bersantan ke wadah tertutup, lalu simpan dalam freezer. Kalau mau dinikmati kembali, tinggal dilumerkan dan dipanaskan lagi. Disarankan disimpan tak lebih dari seminggu.

3. Menyimpan rendang

Simpan Sisa Opor, Rendang, dan Ketupat dengan Cara IniFoto: Instagram

Rendang juga tergolong hidangan favorit Lebaran. Lauk khas Minang ini awet disimpan hingga waktu lama, asalkan benar cara menyimpannya. Pakar kuliner Minang, Reno Andam Suri pernah menyebut rendang bisa tahan 3-4 hari di suhu ruang asalkan dimasak dengan benar dan tidak dipotong di tengah-tengah.

Bahkan kalau dimasak betul-betul kering, rendang bisa bertahan 1 minggu lamanya. Lebih dari itu, Anda disarankan menyimpan rendang di kulkas. Untuk rendang kering bertahan 3 bulan di chiller dan 6 bulan di freezer.

Saat ingin menikmati rendang, keluarkan dari lemari es lalu lelehkan. Panaskan di atas kompor dengan api kecil agar rendang nikmat rasanya.

Baca Juga: Rendang Bersisa? Ini Tips Menyimpan dan Menghangatkannya

4. Menyimpan ketupat

Simpan Sisa Opor, Rendang, dan Ketupat dengan Cara IniFoto: detikfood

Ketupat juga kerap bersisa banyak di minggu-minggu perayaan Lebaran. Kunci untuk menyimpan ketupat adalah tidak memotong ketupat karena ketika dipotong, ketupat lebih mudah basi ketimbang yang masih utuh dengan kulitnya.

Ketupat bisa tahan 2-4 hari, namun kalau tidak habis, simpan ketupat langsung dalam kulkas. Saat ingin menghangatkan dan memakannya kembali, tinggal mengukus ketupat.

Di kulkas, ketupat bisa bertahan 4-7 hari. Lebih lama lagi kalau menaruhnya di freezer. Anda cukup menaruh ketupat dalam kantung plastik atau wadah kedap udara sebelum dimasukkan dalam freezer.

(adr/odi)