Nikmatnya Hidangan Lebaran di Berbagai Negara Islam di Dunia

Devi Setya - detikFood Rabu, 05 Jun 2019 16:39 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Euforia menyambut Lebaran juga dirasakan umat muslim dunia. Selain momen silaturahmi, deretan hidangan enak juga jadi hal yang dinanti.

Kalau Lebaran di Indonesia identik dengan sajian ketupat, opor hingga rendang maka berbeda dengan sajian di berbagai negara Islam di dunia. Makanan yang unik dan variatif dengan kekayaan bumbu membuat momen silaturahmi lebih berkesan.

Mulai dari Arab hingga Malaysia, berikut sajian lebaran di berbagai negara Islam di dunia.

1. Arab Saudi
Nikmatnya Hidangan Lebaran di Berbagai Negara Islam di Dunia Foto: istimewa

Kawasan Timur Tengah termasuk Arab Saudi biasa menghidangkan nasi kabsah sebagai menu utama ketika Lebaran tiba. Nasi berbumbu dengan warna kuning kecoklatan ini biasa dinikmati dengan daging kambing.

Bumbu dan rempah yang khas menjadikan nasi ini punya rasa yang autentik. Yang lebih menarik, nasi kabsah biasa dihidangkan dalam wadah besar untuk disantap bersama-sama demi menjalin ikatan kekeluargaan yang lebih erat.

Baca juga : Bukan Kolak, Ini 5 Menu Berbuka Puasa Enak dari Berbagai Negara Muslim

2. Turki
Nikmatnya Hidangan Lebaran di Berbagai Negara Islam di Dunia Foto: istimewa

Di Turki, masyarakat tak akan melewatkan lokum sebagai sajian utama saat Lebaran. Kudapan manis yang mirip dodol ini selalu tersedia untuk tamu yang datang bersilaturahmi.

Lokum memiliki tekstur kenyal dan lembut, rasanya dominan manis dan beraroma khas. Bahan yang membuat lokum semakin nikmat yakni paduan madu, air mawar dan perasan jeruk lemon.

3. Malaysia
Nikmatnya Hidangan Lebaran di Berbagai Negara Islam di Dunia Foto: istimewa

Setiap hari nasi lemak memang tersaji di Malaysia tapi saat Lebaran, santapan ini terasa lebih istimewa. Bagi masyarakat Malaysia, nasi lemak adalah simbol kerukunan dan kebersamaan.

Untuk membuat nasi gurih ini, beras harus dimasak dengan santan, mirip nasi uduk khas Indonesia. Lauk pendamping nasi lemak ada telur rebus, tumis kacang dan teri, rendang ayam dan berbagai lauk pelengkap lainnya.

4. Mesir
Nikmatnya Hidangan Lebaran di Berbagai Negara Islam di Dunia Foto: istimewa

Kue bernama kahk ini tak hanya populer saat bulan Ramadhan saja, menjelang Lebaran orang Mesir akan berbondong-bondong membuat kahk dalam jumlah banyak.

Kue manis yang sudah ada sejak abad ke-18 ini biasa diberi isian buah kurma, buah ara hingga buah kering lainnya. Meskipun kue ini warisan leluhur Mesir, tapi kini kue kahk sudah bisa ditemui di banyak tempat.

5. Yordania
Nikmatnya Hidangan Lebaran di Berbagai Negara Islam di Dunia Foto: istimewa

Di Yordania masyarakat selalu menghadirkan mansaf ketika Lebaran tiba. Hidangan nasional ini terbuat dari daging domba yang diolah dengan yogurt kering dan disajikan dengan roti kering.

Sama seperti nasi kabsah, mansaf juga dihidangkan dalam wadah besar untuk disantap bersama-sama. Selain dengan roti, hidangan ini juga biasa dinikmati dengan nasi bertabur kacang pinus dan almond.

Baca juga : Ada Kue Kahk hingga Qurabiya Kue Lebaran Enak dari Negara Muslim (dvs/odi)