Kuliner Mudik dan Lebaran

Ini Racikan Lontong Sayur Medan yang Lezat di Hari Raya

Devi Setya - detikFood Rabu, 05 Jun 2019 09:43 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kalau sebagian besar masyarakat Jawa menyajikan ketupat dan opor ayam saat Lebaran, maka berbeda dengan di Medan. Orang Medan selalu menyantap lontong Medan yang menggoyang lidah.

Ditemui detikFood beberapa waktu lalu, Dr. Wan Hidayati M.Si selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara mengatakan lontong Medan jadi sajian utama ketika Lebaran. "Di Medan enggak ada ketupat, kalau di sini kan Lebaran ketupat ya. Di Medan selalu pakai lontong," kata wanita yang akrab disapa Hidayati ini.

Nah, selain lontong Medan, berikut beberapa kuliner khas yang selaluu hadir ketika Lebaran tiba.

1. Lontong Medan
Ini Racikan Lontong Sayur Medan yang Lezat di Hari RayaFoto: istimewa

Lontong sayur medan jadi hidangan utama yang tak boleh absen saat Lebaran tiba. Perpaduan lontong nasi yang lembut dan sayur nangka bersantan bikin semangat makan sambil silaturahmi dengan keluarga.

Bumbu yang membuat sayur atau gulai nangka semakin istimewa adalah tambahan tauco Medan yang gurih beraroma khas. Selain dengan gulai nangka, beberapa orang melengkapi sajian ini dengan oseng bihun dan serundeng, kering kentang ebi, telur balado, rendang dan sambal.

Baca juga : Andaliman, Rempah Mungil Kebanggaan Masyarakat Batak

2. Gulai nangka muda
Ini Racikan Lontong Sayur Medan yang Lezat di Hari RayaFoto: istimewa

Sebagai pelengkap sajian lontong Medan, gulai nangka muda yang dibuat pun harus spesial. Gulai ini diolah dengan mengandalkan resep turun temurun. Biasanya yang menyajikan hidangan ini adalah masyarakat Medan Melayu Deli.

Sesuai dengan namanya, gulai ini berisi potongan nangka muda yang dimasak dengan berbagai bumbu mulai dari bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, jahe, lengkuas dan aneka rempath lainnya. Untuk membuat nangka muda memiliki tampilan yang segar dan bagus maka nangka harus langsung diolah setelah selesai dipotong-potong.

3. Soto Medan
Ini Racikan Lontong Sayur Medan yang Lezat di Hari RayaFoto: istimewa

Selain lontong Medan, ada juga hidangan berkuah yang kerap hadir yakni soto Medan. Soto berkuah kuning ini punya rasa yang medok dan kuat karena memakai santan. Menurut Hidayati, hampir semua masakan Medan memiliki rasa yang tegas.

Isian soto Medan bervariasi mulai dari daging, ayam hingga udang. Irisan tomat segar, perkedel dan emping serta rempeyek udang biasa menjadi pelengkap sajian ini.

4. Daun ubi tumbuk
Masyarakat Batak Mandailing punya sayur sederhana yang menggoda selera yakni daun ubi tumbuk. Di hari biasa, menu ini ada di warung makan khas Mandailing tapi ketika Lebaran akan hadir di banyak rumah-rumah warga.

Daun ubi atau daun singkong yang jadi bahan utamanya merupakan daun singkong yang dimasak bersama buah cempaka dan kincong atau tekokak dan diberi irisan rias atau kecombrang sehingga aromanya gurih segar. Lalu saat penyajian biasanya dijadikan pendampingg untuk makan gulai ikan lele asap.

Baca juga : Yang Mantap Berkuah Gurih, Lontong Sayur Khas Medan hingga Betawi

5. Arsik
Ini Racikan Lontong Sayur Medan yang Lezat di Hari RayaFoto: istimewa

Hidangan dengan bahan utama ikan ini juga tak boleh dilewatkan. Resep asli arsik berasal dari Tapanuli tapi kini arsik bisa dengan mudah ditemukan di banyak daerah di Sumatera Utara.

Untuk memuat arsik biasanya digunakan ikan mas segar utuh yang diolah dengan banyak bumbu dan rempah. Bumbu utamanya yakni andaliman atau merica batak yang membuatnya pedas nendang dan bikin ketagihan. (dvs/dvs)