Kuliner Lebaran dan Mudik

Katupek Pulen Hingga Itiak Lado Mudo, Sajian Hari Raya Ranah Minang

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 04 Jun 2019 17:33 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Si hari raya setiap rumah di Sumatera Barat selalu menyuguhkan sajian enak. Dari katupe hingga rendang hitam.

Masakan Minang selalu berhasil membuat banyak lidah tertarik. Perpaduan rempah hingga lauk yang nikmat selalu sukses bikin perut lapar.

Bukan lontong, Minang memiliki sajian katupek komplet yang enak. Katupek sayur disandingkan dengan gulai hingga rendang hitam. Berikut ini beberapa menu spesial dari tanah Minang yang pastinya enak.

1. Katupek komplet
Katupek Pulen Hingga Itiak Lado Mudo, Sajian Hari Raya Ranah MinangFoto: Instagram

Ketupat empuk makin enak disandingkan dengan sayur gurih khas Minang. Sayurnya berupa gulai yang memiliki rasa gurih dengan semburat rasa pedas.

Ada dua jenis gulai yang dihidangkan dengan katupek. Sayur nangka dan sayur paku. Gulai paku dibuat tanaman pakis muda yang dimasak dengan santan.

Gurihnya dibuat dengan campuran bumbu seperti bumbu halus dan daun kunyit. Gulai paku enak disantap dengan telur balado dengan kerupuk merah.

Katupek gulai paku menjadi salah satu ciri khas makanan Pariaman.

2. Rendang hitam
Katupek Pulen Hingga Itiak Lado Mudo, Sajian Hari Raya Ranah MinangFoto: Instagram

Kelezatan makanan ini sudah tak diragukan lagi. Daging sapi dimasak selama 7 jam menghasilkan rasa yang gurih. Potongan daging dicampur dengan racikan bumbu khas Minang dengan tambahan santan gurih.

Selain daging sapi, rendang juga bisa dibuat dengan campuran ayam, paru, kentang, udang, telur, bebek dan ikan yang bisa jadi campurannya.

Agar aromanya semakin sedap, banyak juga pedagang rendang yang memasaknya dengan kayu bakar. Rendang tidak berkuah, sehingga cocok dipadu dengan ketupat plus siraman gulai pakis yang cocok dicampur jadi satu.

3. Itiak lado mudo
Katupek Pulen Hingga Itiak Lado Mudo, Sajian Hari Raya Ranah MinangFoto: Jeka Kampai/detikfood

Itiak lado mudo yang jadi makanan khas Nagari Sianok. Sajian yang dibuat dari bebek ini hanya ada di Bukittinggi.

Agar rasanya enak, itik atau bebek yang digunakan berusia sekitar 6 bulan. Sebelum dipotong, bebek terlebih dulu dibakar. Racikan cabai ijo dipadu dengan rempah enak dicampur dengan bebek dan bawang bombay.

Itiak lado mudo enak juga dipadu dengan ketupat atau nasi hangat.

Baca juga: Mengintip Proses Pembuatan Itiak Lado Mudo, Kuliner Istimewa dari Bukittinggi

4. Soto Padang
Katupek Pulen Hingga Itiak Lado Mudo, Sajian Hari Raya Ranah MinangFoto: iStock

Soto menjadi salah satu hidangan khas Sumatera Barat yang tidak bersantan. Soto Padang tidak hanya enak disantap dengan nasi tetapi juga dengan potongan ketupat yang empuk mengenyangkan. Kuah kaldu sapi yang gurih hangat semakin enak dipadukan dengan irisan daging sapi, keripik paru, bihun serta perkedel dan kerupuk merah muda.

Soto Padang cocok jadi menu pelengkap lebaran yang lebih rendah lemak karena tidak mengandung santan.

5. Dendeng Batokok
Katupek Pulen Hingga Itiak Lado Mudo, Sajian Hari Raya Ranah MinangFoto: detikFood

Sajian ini merupakan masakan asli Minang yang berasal dari kata 'tokok' alias dipukul. Untuk menghasilkan tekstur yang lebih empuk, daging memang dipukul-pukul terlebih dahulu.

Sebelum dicampurkan dengan bumbu, terlebih dahulu daging dibakar di atas arang kelapa hingga matang. Setelah itu baru daging disirami lado mudo, bawang merah, garam serta dikucuri air jeruk nipis.

Semakin enak dipadu dengan nasi hangat atau ketupat plus gulai pakis enak untuk sajian ketupat komplet!

(dvs/odi)