Kuliner Mudik dan Lebaran

Lebaran di Madura, Ada Kellapate hingga Topak Ladeh yang Unik

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 04 Jun 2019 14:40 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Selain sate, Madura punya berapa kuliner lokal yang disajikan ketika hari lebaran. Mulai dari martabak, ikan, hingga ketupat enak yang unik.

Berdekatan dengan pulau Jawa, Madura kerap jadi kota singgah atau destinasi wisata kuliner. Makanan yang didominasi rasa asin dan pedas jadi ciri khasnya. Sajian di hari lebarannya juga tak kalah menarik.

Baca Juga: Resep Rahasia Bikin Sayur Gurih Makin Enak dan Sedap

1 Martabak Mihun
Lebaran di Madura, Ada Kellapate hingga Topak Ladeh yang UnikFoto: istimewa

Di Madura, camilan martabak mihun populer selama bulan ramadhan dan di hari lebaran. Kudapan yang satu tidak terbuat dari tepung terigu, seperti martabak kebanyakan melainkan menggunakan telur, dengan campuran tepung kanji.

Untuk isiannya, martabak ditambah dengan mihun atau bihun yang sebelumnya sudah dibumbui dengan bawang putih, dan bawang prei. Kemudian martabak digoreng hingga garing, meski tidak menggunakan campuran daging, kudapan yang satu ini punya rasa gurih dan tekstur renyah.

2 Tajin Peddhis
Lebaran di Madura, Ada Kellapate hingga Topak Ladeh yang UnikFoto: istimewa

Selain ketupat, banyak keluarga di Madura yang menyajikan tajin peddhis sebagai hidangan lebaran di rumah mereka. Tajin peddhis ini merupakan bubur pedas, yang uniknya tidak memiliki rasa pedas sama sekali.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bubur ini mirip seperti bubur lainnya. Yaitu menggunakan beras, dan ditambah dengan kaldu sapi agar rasa gurihnya lebih kuar. Setelah matang, tajin peddhis biasanya dimakan dengan potongan daging sapi, telur dadar, hingga acar kuning. Tak ketinggalan tambahan mie kuning yang mengenyangkan.

3 Tajin Rojhek
Lebaran di Madura, Ada Kellapate hingga Topak Ladeh yang UnikFoto: istimewa

Mirip seperti tajin peddhis, hidangan bubur yang satu ini juga kerap eksis di hari lebaran. Di sini bubur ditambahkan dengan aneka topping mirip seperti Rujak Madura, hingga perpaduan rasanya cukup unik. Antara hangat gurih bubur, ditambah pedas segar dari rujak.

Ciri khas lain terdapat pada bumbu rujak yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan ada dari kacang goreng, cabe, tomat, dan bumbu petis Madura yang dihaluskan.

4 Topak Ladeh
Lebaran di Madura, Ada Kellapate hingga Topak Ladeh yang UnikFoto: istimewa

Rasanya tak lengkap lebaran di Madura tanpa kehadiran topak ladeh. Hidangan ini berasal dari Bangkalan, dan umumnya disajikan pada Hari Raya Ketupat termasuk lebaran. Sekilas tampilan topak ladeh mirip seperti lontong atau ketupat sayur.

Namun yang berbeda pada isian yang digunakan. Seperti irisan daging, telur, hingga jeroan sapi. Banyak juga yang menggantinya dengan daging ayam. Kemudian campuran ini disajikan dengan potongan ketupat, lalu pelengkapnya ada sayur pepaya muda dan kacang panjang yang sudah dikukus.

5 Kellapate
Lebaran di Madura, Ada Kellapate hingga Topak Ladeh yang UnikFoto: istimewa

Selain hidangan daging dan ayam, orang-orang di Madura juga menambahkan olahan ikan kellapate sebagai menu spesial di hari lebaran. Kellapate ini merupakan hidangan dari potongan ikan tenggiri, yang dimasak menggunakan santan gurih.

Dibuat dari potongan ikan tenggiri, santan, kemiri, jintan, kencur, terasi, hingga bawang. Rasanya gurih dan sedap, cocok untuk disantap di hari lebaran dengan ketupat.

Baca Juga: Resep Opor Ayam Kuning Spesial Lebaran yang Gurih Enak (dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com