Ini 'Heru' Si Cangggih yang Bisa Olah Limbah Makanan Jadi Energi

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 04 Jun 2019 13:10 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Untuk kurangi limbah makanan dan plastik, seorang inventor Inggris ciptakan alat canggih. Alat ini bisa hasilkan energi untuk panaskan air dan bahan bakar.

Nik Spencer merupakan inventor asal London, Inggris, yang baru-baru ini menciptakan alat ramah lingkungan bernama 'Heru'. Alat ini sekilas mirip seperti mesin cuci, hanya saja alat ini bekerja untuk memanaskan air, menggunakan sampah sisa makanan, gelas kopi, hingga plastik sebagai bahan bakar utamanya.
Ini 'Heru' Si Cangggih yang Bisa Olah Limbah Makanan Jadi Energi Foto: istimewa

Baca Juga: Dengan Alat Ini Limbah Makanan Langsung Diolah Jadi Kompos

Dikabarkan Daily Mail UK (01/06), Spencer yang merupakan seorang ahli invetor dari Brunel University di London, mendapatkan ide untuk menciptakan alat ini ketika ia sedang mendaur ulang tumbuhan di rumahnya. Menurutnya alat canggih ini, bisa membersihkan sampah, dan mengubahnya menjadi energi untuk memanaskan air. Cara penggunaannya juga mudah, hanya perlu memasukkan sampah ke dalam lubang mesin, dan proses daur ulang ini berjalan secara otomatis.

"Mesin ini bisa mendaurulang limbah plastik, kertas, kardus, hingga sisa makanan. Cukup tutup bagian atas alat ini, kemudian nyalakan," tutur Nik.

Selain makanan dan limbah plastik, mesin ini juga bisa mendaur ulang sampah-sampah lain. Seperti gelas bekas kopi, hingga wadah yogurt yang terbuat dari plastik.
Ini 'Heru' Si Cangggih yang Bisa Olah Limbah Makanan Jadi Energi Foto: istimewa

"Bahkan mesin ini bisa mendaur ulang sampah yang sulit terurai. Seperti gelas kopi, wadah yogurt yang dikenal sulit untuk didaur ulang. Lewat mesin ini kita bisa mendaur ulang sampah menjadi sumber energi yang berguna," lanjutnya.

Mesin Heru, yang memiliki kepanjangan "Home Energy Resources Unit" diharapkan bisa menjadi mesin yang digunakan di banyak rumah, seperti mesin cuci dan mesin pencuci piring. Sekaligus membantu mengurangi limbah makanan dan plastik yang membahayakan lingkungan.

Mesin ini bisa menyediakan lebih dari 40% air panas untuk setiap rumah, tanpa perlu mencari energi tambahan karena menggunakan sampah dan sisa makanan yang ada di rumah.
Ini 'Heru' Si Cangggih yang Bisa Olah Limbah Makanan Jadi Energi Foto: istimewa

Mesin Heru kini masih dalam tahap pengembangan, dengan biaya pembuatan yang mencapai angka £19.000 (Rp 342.000.000. Harga ini terbilang cukup tinggi, tapi Nik memastikan bahwa kisaran harga mesin ini akan dijual di angka £ 3.000 - £ 4.000 (Rp 54.000.000 - Rp 72.000.000).

"Rata-rata setiap rumah memproduksi sekitar 2,5 kg sampah setiap harinya. Di mana jumlah sampah ini bisa digunakan untuk memanaskan 44% air, dari jumlah air panas yang dibutuhkan oleh setiap rumah," pungkas Nik.

Baca Juga: Keren! Pasangan Ini Sajikan Makanan dari Limbah di Pesta Pernikahan Mereka (dvs/odi)