Kuliner Mudik dan Lebaran

Dari Cirebon? Wajib Bawa Pulang Sirup Asam, Sambal Jamblang dan Tapai

Sudirman Wamad - detikFood Selasa, 04 Jun 2019 11:00 WIB
Foto: Sudirman Wamad/dok. detikcom Foto: Sudirman Wamad/dok. detikcom
Cirebon - Cirebon menjadi salah satu destinasi wisata kuliner dan sejarah. Ada empal gentong, nasi jamblang dan nasi lengko legendaris. Juga oleh-oleh enak yang wajib dibawa pulang.

Selain makanan favorit wisatawan itu, ada juga oleh-oleh lainnya yang paling diburu wisatawan atau pemudik saat melintas di Cirebon. Berburu oleh-oleh di Cirebon sangat mudah. Karena banyak toko yang menjual oleh-oleh, baik di dalam kota maupun di sepanjang pantura. Salah satunya toko oleh-oleh Daud.

Apa saja oleh-oleh enak khas Cirebon yang wajib dibawa pulang?

1. Camilan

Dari Cirebon? Wajib Bawa Pulang Sirup Asam, Sambal Jamblang dan TapaiFoto: Sudirman Wamad/dok. detikcom

Menurut penanggung jawab toko Daud, Eka Safitri. makanan atau camilan khas Cirebon yang paling banyak diburu wisatawan adalah tapai ketan, kerupuk kulit, dan asinan ikan bilis.

Tapai ketan bungkus daun jambu paling diburu wisatawan. Rasanya manis dan aromanya wangi. "Harganya variatif, ada yang Rp 17.500, kemudian ada yang Rp 65 ribu, terus Rp 70 ribu, dan Rp 80 ribu," kata Eka saat berbincang di toko oleh-oleh Daud, Kota Cirebon, Jabar, Sabtu (1/6/2019).

Untuk tapai ketan seharga Rp 17.500 hanya berisi 16 bungkus tapai. Kemudian untuk tapai ketan Rp 80 ribu isinya mencapai 100 bungkus. Sedangkan yang Rp 70 ribu hanya 80 bungkus tapai, dan untuk yang harganya Rp 65 ribu berisi 60 bungkus tapai.

Ikan asin bilis siap makan merupakan camilan favorit lainnya yang paling diburu. Asinan ikan bilis ini memiliki rasa pedas dan gurih. Eka menyebutkan harganya Rp 37.500 per bungkusnya. "Kalau pengunjung itu ada yang borongan belinya, sampai 30 bungkus. Soalnya rasanya gurih dan pedas," ucap Eka.

2. Aneka Sambal Cirebon

Dari Cirebon? Wajib Bawa Pulang Sirup Asam, Sambal Jamblang dan TapaiFoto: Sudirman Wamad/dok. detikcom

Rasanya kurang lengkap kalau mampir ke Cirebon tapi tidak membawa sambal khas Cirebon. Seperti sambal nasi jamblang, sambal empal gentong, empal asem, sambal goreng terasi dan lainnya.

Di antara banyak jenis sambal dalam kemasan botol, sambal nasi jamblang merupakan oleh-oleh terlaris. Harganya Rp 25 ribu isi 280 gram.

"Awet, bisa bertahan satu tahun. Satu orang itu biasanya beli sampai 50 botol atau 30 botol," kata Eka.

Ada juga sambal empal gentong dan asem. Harganya sama, Rp 25 ribu per botol. Sambal empal gentong memakai santan, sedangkan sambal empal asem tidak pakai santan.

"Kita juga jual sambal bubuk empal gentongnya juga. Sama, paling favorit juga. Kalau yang empal asem itu bahannya dari belimbing wuluh, rasa asamnya khas banget," kata Eka.

Kemudian ada terasi bawang (siwang) khas Cirebon. Aroma terasinya khas pesisir pantura. Harganya Rp 30 ribu. Ada juga sambal ikan jambal roti. Bahan baku sambal ini terbuat dari ikan asin jambal roti. Harganya Rp 25 ribu.

"Di dalam sambalnya itu ada irisan-irisan ikan jambal roti, asin gurih," kata Eka.

Dari Cirebon? Wajib Bawa Pulang Sirup Asam, Sambal Jamblang dan TapaiFoto: Sudirman Wamad/dok. detikcom

Kemudian aneka sambal lainnya adalah sambal goreng terasi dan petis udang. Harga sambal goreng terasi hanya Rp 25 ribu dan petis udang harganya Rp 35 ribu.

"Kita juga jual terasi khas Cirebon, terasi super. Harganya 25 ribu yang mentah, yang sudah matang Rp 30 ribu. Terasi asli Cirebon," sebut Eka.

3. Minuman

Dari Cirebon? Wajib Bawa Pulang Sirup Asam, Sambal Jamblang dan TapaiFoto: Sudirman Wamad/dok. detikcom

Nah, untuk minuman khas Cirebon yang digandrungi wisatawan adalah sirup tjampolay. Ya, sirup khas Cirebon yang legendaris ini memiliki aneka rasa, ada pisang susu, mocca coffee, mangga gedong, dan jeruk nipis.

"Tjampolay harganya Rp 27.500 per botolnya. Selain tjampolay ada juga sirup asam kawak, sama harganya Rp 27.500. Ini paling banyak diburu," kata Eka.

(adr/odi)