Kuliner Mudik dan Lebaran

Di Palembang Ada Pindang Patin hingga Mie Celor Siap Menanti

Sonia Basoni - detikFood Senin, 03 Jun 2019 14:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jika mampir ke Palembang, banyak kuliner enak selain pempek menarik untuk dicoba. Seperti pindang patin, mie celor, hingga martabak.

Palembang terkenal dengan pempek yang enak dan digemari banyak orang. Jika mampir ke Palembang, Anda bisa meluangkan waktu untuk mencicipi kuliner khas di sana yang tak kalah menggugah selera. Mulai dari pindang ikan patin yang asam segar, hingga celimpungan yang kenyal gurih.

Baca Juga: Mudik Lewat Jombang, Jangan Lupa Bawa Pulang Jenang Kelapa Muda

1. Martabak HAR

Di Palembang Ada Pindang Patin hingga Mie Celor Siap MenantiFoto: Istimewa

Di kota Palembang, ada juga martabak yang enak dimakan hangat sebagai camilan, Racikan martabaknya juga sangat terkenal, salah satunya ada Martabak HAR. Martabak khas Palembang yang memiliki banyak cabang di sana, sekaligus langganan dari Kaesang, putra Presiden Jokowi.

Di Martabak HAR, menu yang ditawarkan ada martabak telur. Tapi varian dan isinya cukup beragam, seperti martabak telur ayam, kemudian telur bebek, lengkap dengan isian daging sapi, atau kambing. Uniknya, martabak di sini disantap dengan kuah kari yang gurih dan sedikit kental.

Martabak HAR

JL. Jend. Sudirman No. 1078.

Sungai Pangeran, Ilir Timur.

Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Telp: 0711 351914

Jam Buka: 08.00 - 23.00

2.Mie Celor 26 Ilir H. Syafei

Di Palembang Ada Pindang Patin hingga Mie Celor Siap MenantiFoto: Istimewa

Puas menyantap martabak dengan kuah kari. Bisa melanjutkan petualangan kuliner di Palembang, dengan mencicipi racikan mie celor yang mulur gurih. Berbeda dengan mie biasa, mie celor 26 Ilir punya tekstur yang lebih tebal dan ukurannya besar.

Mie celor ini disajikan dengan kuah santan dan dibubuhi ebi atau udang kering. Sehingga rasa gurih dan asinnya semakin terasa kuat di lidah. Tak lupa mie celor enak ini juga ditambah dengan basang goreng, hingga irisan telur rebus.

Mie Celor 26

Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 2,Pasar 26 Ilir, Palembang.

Telp: 08136908974

Jam Buka: 06.00 - 20.00

3 . RM Sri Melayu

Di Palembang Ada Pindang Patin hingga Mie Celor Siap MenantiFoto: Istimewa
Bagi para penggemar hidangan olahan ikan, mampir saja ke Rumah Makan Sri melayu yang terkenal dengan sajian pindang patin yang bikin nagih. Pindang patin sendiri merupakan olahan ikan air tawar yang populer di Palembang, setelah aneka pempek.

Di RM Sri Melayu, ikan patin sebelumnya diasapi atau menggunakan teknik rebus hingga teksturnya kering, dan jauh lebih awet. Rasanya juga enak karena bumbu pindang yang meresap dengan sempurna. Di sini terdapat empat pilihan pindang, ada pindang patin, pindang udang, pindang salai, hingga pindang baung.

RM Sri Melayu

JL. Demang Lebar Daun No. 1

Ilir Bar I. Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Telp: 0711 420468

Jam Buka: 10.00 - 22.00

4. Warung Aba

Di Palembang Ada Pindang Patin hingga Mie Celor Siap MenantiFoto: Istimewa

Mau mencicipi berbagai hidangan khas Palembang yang autentik dan legendaris? Mampir saja ke Warung Aba yang sudah buka sejak tahun 1981. Warung makan sederhana ini selalu dipenuhi pengunjung, karena makanannya yang enak dan kaya akan rempah.

Untuk menu andalannya, pengunjung bisa memesan ragit, burgo, lakso, hingga celimpungan. Hidangan ini khas Palembang, dan sulit ditemukan di kota lain. Apalagi sajian ragit yang mirip seperti roti jala, dan disajikan dengan kuah kari bertopping kentang yang gurih.

Warung Aba

Jl. Dr. M. Isa No.26 /15, Kuto Batu, Ilir Tim. II.

Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Telp: 0711 713991

Jam Buka: 05.00 - 18.00

5 . Tempoyak Musi Rawa

Di Palembang Ada Pindang Patin hingga Mie Celor Siap MenantiFoto: Istimewa

Selain pindang patin, ada hidangab tempoyak khas Palembang yang tak kalah menarik untuk dicoba. Olahan ini merupakan jenis fermentasi yang terbuat durian, tapi sering dijadikan pelengkap di hidangan pempek, pepes ikan, hingga sambal.

Di rumah makan Tempoyak Musi Rawa, Anda bisa mencicipi serba-serbi masakan yang ditambah dengan tempoyak. Paduan rasa gurih dan legit dari durian, berpadu sempurna dengan ikan hingga pepes berlapis daun pisang.

Rumah Makan Pindang Musi Rawa

Jl. Angkatan 45 No.18, Demang Lebar Daun, Ilir Bar. I.

Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Telp: 0711 370590

Jam Buka: 09.00 - 21.00

Baca Juga: Enaknya Pecel Pitik hingga Rujak Soto di Ujung Timur Pulau Jawa (adr/odi)