Kuliner Mudik dan Lebaran

Blusukan dan Jajan Enak di Kawasan Pasar Bringharjo

Devi Setya - detikFood Senin, 03 Jun 2019 06:31 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Pasar Bringharjo bukan hanya bisa jadi lokasi berburu batik saja tapi juga ada banyak kuliner enak. Ada sego pecel hingga sate gajih yang maknyus.

Aneka makanan di Pasar Bringharjo terbilang kuliner legendaris. Hal ini bisa dilihat dari ragam makanan khas yang dijajakan para penjual berusia lanjut.

Rasa dan harganya boleh diadu, ayo, jajan enak di pasar Bringharjo, Yogyakarta.

1. Sate Gajih
Blusukan dan Jajan Enak di Kawasan Pasar BringharjoFoto: istimewa

Sate gajih atau sate kere harus masuk dalam daftar kuliner yang patut dicoba. Kepulan asap beraroma gurih tercium saat berkunjung ke pasar ini. Sate ini bukan terbuat dari daging atau ayam melainkan dari gajih alias lemak sapi.

Lemak sapi yang dibakar dengan olesan bumbu kecap manis ini terasa enak saat dinikmati hangat. Eits tapi buat yang kolesterol harus hati-hati dan jangan kalap menyantapnya ya. Harga pertusuk sate ini Rp 3.000 saja.

Baca juga : Ini 8 Jajanan Kesukaan Netizen yang Ada di Pasar Beringharjo

2. Pecel Kembang Turi
Blusukan dan Jajan Enak di Kawasan Pasar BringharjoFoto: istimewa

Pecel sayuran jadi kuliner primadona di kawasan Pasar Bringharjo. Pecel ini berisi sayuran komplit termasuk kembang turi yang sudah mulai sulit ditemui.

Makin lengkap lagi makan pecel ditemani gorengan dan aneka sate. Harga per porsi pecel ini juga murah meriah, dijamin kenyang tanpa khawatir kantung jebol.

3. Nasi Soto Pithes
Blusukan dan Jajan Enak di Kawasan Pasar BringharjoFoto: istimewa

Nasi soto yang dikenal milik Mbah Galak ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Dari namanya memang unik tapi tak perlu khawatir akan dimarahi pemiliknya saat makan soto ini.

Seporsi nasi soto ini cocok bagi pencinta kuliner pedas gurih. Biasanya nasi soto disajikan dengan kerupuk, peyek dan keripik tempe. Seporsi nasi soto ini harganya Rp 9.000 saja.

4. Burung Puyuh Bacem
Blusukan dan Jajan Enak di Kawasan Pasar BringharjoFoto: istimewa

Hidangan burung puyuh goreng mungkin hanya ada di Pasar Bringharjo. Unggas gurih berukuran mungil ini semakin menggoda karena diolah dengan bumbu bacem yang manis legit.

Kedai baceman Bu Marzuki ini harganya cuma Rp 7500-8000 saja. Kalau tak mau makan di tempat, burung puyuh bacem ini bisa dibungkus untuk dibawa pulang.

5. Sego Empal
Blusukan dan Jajan Enak di Kawasan Pasar BringharjoFoto: istimewa

Kedai sego empal Bu Warno bisa jadi tujuan kala ingin mengganjal perut dengan asi berlauk daging. Empuknya daging empal ini terasa berbumbu dan bertekstur garing karena digoreng.

Yang membuat daging ini empuk adalah karena proses perebusan yang lama menggunakan kompor tradisional dengan bahan bakar kayu.

Baca juga : Jalan-jalan ke Pasar Beringharjo Jangan Lupa Cicip 8 Jajanan Enak Ini (dvs/odi)