Kuliner Mudik dan Lebaran

Sego Gobyos dan Soto Pacitan, 5 Kuliner Enak dari Kota Kelahiran SBY

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 02 Jun 2019 11:16 WIB
Foto: Instagram the.lucky.belly
Jakarta - Mudik ke Pacitan wajib cicip berbagai kuliner khasnya yang enak. Ada sego gobyos dan soto Pacitan yang bisa Anda coba.

Pacitan merupakan kabupaten di Jawa Timur yang terkenal sebagai kota kelahiran Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Pacitan memiliki banyak kuliner khas yang sayang dilewatkan saat Anda ke sana. Apa saja ya kuliner khas Pacitan?

Baca Juga: Huaah! Asyiknya Disengat Pedas Setan dan Dhemit dari Pacitan

1. Sego gobyos

Sego Gobyos dan Soto Pacitan, 5 Kuliner Enak dari Kota Kelahiran SBYFoto: Istimewa

Foto: Instagram foods_jatim
Dalam bahasa Jawa, gobyos berarti kondisi tubuh penuh keringat. Di Pacitan, kata gobyos dipakai sebagai nama sajian nasi yang konon bisa membuat orang penuh keringat usai menyantapnya. Selain nasi, isi sego gobyos adalah sayur daun kenikir.

Tambahan lauknya ada tempe tahu bacem, telur balado, ikan laut, opor ayam, dan tentu saja kerupuk. Lalu apa yang membuat pedas? Sego gobyos diberi kuah khusus berbahan banyak cabai. Tak heran banyak pencinta pedas menyukai sego gobyos. Kalau mau mencicipnya, di kawasan Penceng banyak ditemui penjaja sego gobyos pada malam hari. Salah satunya Warung Sederhana Sego Gobyos di Jl. Ahmad Yani yang terkenal dengan lauk babat usus kuah santannya.

2. Kupat tahu

Sego Gobyos dan Soto Pacitan, 5 Kuliner Enak dari Kota Kelahiran SBYFoto: Istimewa

Foto: Instagram the.lucky.belly
Pacitan juga punya kupat tahu enak. Meski racikannya sederhana tapi selalu bikin kanget. Kupat tahu berisi potongan kupat (lontong), tahu, tauge, kacang goreng, dan mentimun. Semuanya lalu disiram kuah bumbu yang gurih manis.

Biasanya kupat tahu juga dinikmati dengan kerupuk udang. Salah satu penjaja kupat tahu legendaris ada di Pasar Minulyo. Namanya Kupat Tahu Pasar Sawo yang konon jadi favorit SBY. Seporsi kupat tahu di sini harganya sekitar Rp 7.500 saja.

3. Soto Pacitan

Sego Gobyos dan Soto Pacitan, 5 Kuliner Enak dari Kota Kelahiran SBYFoto: Istimewa

Foto: Instagram tee_rahayu
Melirik soto Pacitan pasti langsung tahu apa yang membedakannya dengan jenis soto lain. Soto Pacitan diberi topping khas, kacang goreng. Isiannya suwiran ayam kampung plus telur rebus, tambahan seledri, bawang goreng, dan tauge.

Kuahnya sendiri berwarna kuning pucat dan agak keruh karena memakai kemiri dan sedikit kunyit. Soto Pacitan banyak dijumpai di berbagai pelosok Pacitan. Tapi beberapa yang terkenal adalah Soto Maryati, Soto Marem, Soto Giyem, dan Soto Sebrok.

4. Thiwul

Sego Gobyos dan Soto Pacitan, 5 Kuliner Enak dari Kota Kelahiran SBYFoto: Istimewa

Foto: Instagram ratihwdst1981
Menyebut Pacitan tak bisa meninggalkan nasi thiwul. Sumber karbohidrat berbahan singkong ini jadi makanan pokok masyarakat di sana. Teksturnya mirip nasi dan memberi rasa kenyang yang sama-sama nendang.

Masyarakat Pacitan menikmati thiwul dengan berbagai lauk enak seperti urap, tempe goreng, dan tentu saja sambal terasi. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati thiwul adalah Lesehan Bukit Indah di kawasan Sedeng. Menu ikan laut gorengnya tak boleh ditinggalkan.

5. Jadah bakar

Sego Gobyos dan Soto Pacitan, 5 Kuliner Enak dari Kota Kelahiran SBYFoto: Istimewa

Foto: Instagram juraganlemak
Menu khas Pacitan yang satu ini bukan menu utama. Jadah bakar adalah camilan berbahan ketan yang dipanggang. Selanjutnya jadah bakar dimakan dengan gula pasir sehingga menghasilkan sensasi gurih manis.

Biasanya jadah bakar jadi 'teman' nongkrong banyak anak muda Pacitan. Banyak kios makanan di seputar alun-alun menjajakan camilan ini. Salah satu yang jadi langganan banyak orang adalah Mbah Geger. Ia juga punya tahu bakar plus sambal kecap yang nikmat.

Baca Juga: Wah, Sedapnya Ayam Bakar Klaten dan Jadah Bakar dari Boyolali (adr/odi)