Kuliner Mudik dan Lebaran

Di Tegal Wajib Nyate Kambing Muda yang Empuk Juicy di 5 Tempat Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 31 Mei 2019 19:43 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tak afdol melintas di Tegal tanpa jajan sate kambingnya. Dijamin empuk dan juicy karena sate diracik dari daging kambing muda.

Sate kambing Tegal sangat disukai pencinta sate kambing. Ciri khasnya ada pada pemakaian kambing berusia bawah lima bulan (balibul) atau bawah tiga bulan (batibul) sehingga dagingnya sangat empuk. Sate kambing lalu dinikmati dengan sambal kecap. Dibuat dari irisan cabai rawit, bawang merah, dan tomat yang dikucuri kecap manis.

Sate kambing Tegal enak dinikmati dengan nasi hangat ataupun lontong. Pengiring yangvpas buat sate kambing adalah tehbpoci yang hangat sepet. Berikut 5 tempat makan sate kambing Tegal yang wajib Anda sambangi saat melintas di kota Jawa Tengah ini.

1. Sate Kambing Muda Indra Sari

Di Tegal Wajib Nyate Kambing Muda yang Empuk Juicy di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Foto: Istimewa
Berlokasi di Jl. Sultan Agung No. 12, ada sate kambing racikan warung Indra Sari yang bisa Anda coba. Sate kambing di sini terasa lebih gurih karena daging dibaluri susu sebelum dibakar.

Ciri khas lainnya, sate kambing di sini ukurannya lumayan besar, namun tetap empuk. Tiap tusuk sate bisa berisi daging, gajih, dan hati kambing. Oh ya, kalau mau mampir, patokan rumah makan ini tak jauh dari RSUD Kardinah.

Baca Juga: Sandiaga Cicipi Sate Balibul Tuwel di Tegal: Ini Lebih dari Maknyus

2. Sate Kambing Batibul Bang Awi

Di Tegal Wajib Nyate Kambing Muda yang Empuk Juicy di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Foto: Instagram satekambingbatibulbangawi
Rumah makan sate kambing ini terbilang paling tersohor di Tegal. Kenikmatannya tentu saja didapat dari penggunaan kambing batibul yang dagingnya super empuk.

Menyantap sate kambing di sini pun tak perlu susah payah mengunyahnya. Menu yang ditawarkan antara lain sate biasa, sate campur ati, dan sate hati polos. Jangan lupa pesan teh poci sebagai pendampingnya. Lokasi Sate Kambing Batibul Bang Awi ada di Jalan Raya Ujungrusi II, Adiwerna dan di Jalan Gajah Mada.

3. Sate Kambing Sari Mendo

Di Tegal Wajib Nyate Kambing Muda yang Empuk Juicy di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Foto: Instagram erlysapta
Banyak juga orang merekomendasikan Sate Kambing Sari Mendo saat ke Tegal. Lokasi rumah makan ini ada di Tirus, kawasan yang menjadi pusat warung sate kambing. Alamatnya di pertemuan Jalan Kapten Sudibyo dan Jalan K.S. Tubun.

Selain sate kambing biasa, Sate Kambing Sari Mendo menawarkan pilihan sate kambing kombinasi daging dan lemak. Tentu puaskan selera pencinta sate kambing yang super juicy.

4. Sate Kambing H. Tasripin

Di Tegal Wajib Nyate Kambing Muda yang Empuk Juicy di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Ilustrasi: dok. detikFood
Masih di kawasan Tirus, ada sate kambing racikan H. Tasripin yang juga bisa dicoba. Sate kambing di sini dibuat dari kambing balibul. Dijamin empuk dan puaskan selera!

Selain sate kambing, H. Tasripin juga menyediakan gulai kambing dan tongseng kambing dengan kuah santan gurih berempah. Versi beningnya, bisa cicip sop kambing atau sop buntut di sini.

5. Sate Kambing Mendo Wendy's

Di Tegal Wajib Nyate Kambing Muda yang Empuk Juicy di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Foto: Instagram ericekos
Beberapa kali dikunjungi artis, rumah makan Sate Kambing Mendo Wendy's jadi makin terkenal. Kalau mau mampir, lokasinya ada di Jalan Letjen Suprapto.

Ciri khas sate kambing di sini dibuat dari kambing balibul lalu disajikan di atas hot plate. Cara ini menjaga kehangatan sate kambing lebih lama. Menu lainnya ada gule, sop kambing, dan garang asem.

Baca Juga: Mantap! 5 Tempat Makan Ini Punya Sate Kambing Muda yang Maknyus

(adr/odi)