Kuliner Mudik dan Lebaran

Tiba di Purwokerto, Jangan Lupa Jajan Mendoan dan Sroto di Sini

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 31 Mei 2019 17:00 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Jika Anda sudah sampai di Purwokerto, sebaiknya cicip makanan enak ini. Ada tempe mendoan hingga ragam sroto khas Sokaraja.

Tak cukup sehari, menjelajah kuliner Purwokerto sangat direkomendasikan. Jalan-jalan sore, di Purwokerto Anda bisa loh cicip beberapa makanan enak ini.

Baca juga: Mendoan, Getuk Goreng hingga Lanting, Oleh-oleh Wajib dari Purwokerto

1. Tempe Mendoan Eco 21

Tiba di Purwokerto, Jangan Lupa Jajan Mendoan dan Sroto di SiniFoto: dok. DetikFood

Ke Purwokerto, Anda perlu cicip beberapa makanan khasnya. Meskipun di Jakarta ada, akan tetapi mencicip tempe mendoan di kota aslinya bisa jadi pilihan.

Mendoan autentik dengan tempe yang berbentuk lebar dan pipih ini dibalut dengan adonan tepung. Digoreng setengah matang dan paling enak disantap bersama dengan cocolan sambal kecap rawit.

Salah satu yang bisa dicoba adalah Tempe Mendoan Eco 21. Lokasinya ada di Jalan Raya Purwokerto, Sawangan, Purwokerto Bar. Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Dijamin enak dan bikin nagih!

2. Soto Sampun

Tiba di Purwokerto, Jangan Lupa Jajan Mendoan dan Sroto di SiniFoto: Istimewa


Soto Sampun jadi salah satu kulineran yang bisa dicoba. Sotonya menggunakan ayam kampung. Kuahnya tak terlalu bening namun agak cokelat. Isiannya berupa bihun, irisan ayam kampung dan kuah kaldu panas.

Berbeda dengan soto biasa, soto di Purwokerto ini diberi saus kacang dan enak disantap bersama tauco.

Langsung saja mampir ke Jalan Kombas Gg. 1 Purwokerto, Jawa Tengah.

3. Bakso dan Soto Sami Asih

Tiba di Purwokerto, Jangan Lupa Jajan Mendoan dan Sroto di SiniFoto: Istimewa

Selain soto, di sini juga ada sajian bakso enak. Seporsi bakso disajikan dengan campuran bihun dan kuah kaldu yang gurih. Ada bakso polos hingga urat yang enak disantap dengan sambal dan saus.

Ada juga soto sokaraja atau sroto yang enak dengan campuran sambal kacang dikuahnya. Santap dengan nasi putih hangat dan kerupuk. Kalau berencana ke sini, Anda bisa mencari Bakso dan Soto Sami Asih Purwokerto milik Pak Birin. Lokasinya ada di Jalan Pramuka, sebelah Barat Apotik Widuri.

4. Soto Jalan Bank

Tiba di Purwokerto, Jangan Lupa Jajan Mendoan dan Sroto di SiniFoto: Istimewa

Sudah pernah mencicip soto ini? Kalau ke Purwakarta jangan lupa menikmati semangkuk soto hangat. Soto Ayam Jalan Bank H. Loso ini lebih dikenal dengan Soto Jalan Bank.

Tempat makan ini lebih sering dijadikan sebagai wisata kuliner wajib para pemudik. Samangkuk sotonya dibuat dari potongan kupat, tauge, kerupuk soto, keripik mie, irisan ayam kampung, bumbu kacang serta irisan daun bawang dan seledri yang enak.

Tempatnya ada di Jalan Wirya Armaja No. 15, Purwokerto. Dekat Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI).

5. Mendoan Kriuk Baturraden

Tiba di Purwokerto, Jangan Lupa Jajan Mendoan dan Sroto di SiniFoto: Istimewa

Mendoan yang satu ini tampilannya agak berbeda. Irisan tipis tempe yang dibalut dengan adonan gurih, enak dipadu bersama dengan kremesan renyah. Kriuknya dipadu dengan irisan daun bawang. Makin enak disajikan bersama dengan ulekan cabai rawit plus cabai.

Mau datang dan cicip? Langsung saja mampir ke Gg. Sadar 2 Dusun II Karangmangu, Batturaden, Banyumas. Mendoan ini buka pukul 6 sore.

Baca juga: Sudah Sampai Purwokerto? Yuk Buka Puasa dengan 5 Menu Khas yang Enak Ini (lus/odi)