Kuliner Mudik dan Lebaran

Enaknya Sate Serepeh hingga Urap Latoh di Rembang

Devi Setya - detikFood Kamis, 30 Mei 2019 15:10 WIB
Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Jakarta - Lebaran tahun ini mudik ke Rembang atau melintas kawasan ini? Coba cicip kuliner khas yang sangat menggoyang lidah.

Rembang yang berlokasi di Jawa Tengah punya sederet kuliner enak. Di Rembang ada sate serepeh, lontong tuyuhan, soto Rembang hingga urap laron yang unik. Berikut beberapa makanan khas yang bisa dicicip di kawasan Rembang.

1. Sate Serepeh

Enaknya Sate Serepeh hingga Urap Latoh di Rembang Foto: detikFood

Belum lengkap rasanya kalau melintas Rembang tanpa mencicip sate serepeh. Sate ini memiliki banyak keunikan yang membuat rasa autentiknya sulit ditolak.

Sate ini dibuat menggunakan daging ayam kampung yang ditusuk dan dibakar hingga matang. Penyajiannya bukan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap melainkan kuah bumbu bersantan. Di Rembang tak sulit menemukan sate ini, salah satu kedai legendaris yang cukup ternama yakni di Sate Serepeh Gandrung Mina yang berlokasi di Jalan Pahlawan atau depan RSUD Dr. Soetrasno, Rembang.

Baca juga : Slurrrp, Sedapnya Lontong Tuyuhan Khas Rembang!

2. Lontong Tuyuhan

Enaknya Sate Serepeh hingga Urap Latoh di Rembang Foto: Istimewa

Kalau umumnya lontong memiliki bentuk memanjang lalu disajikan dengan cara dipotong-potong, maka lontong khas Rembang ini berbeda. Lontong tuyuhan memiliki bentuk segitiga, biasanya disajikan dengan kuah kental yang rasanya gurih.

Selain dengan kuah gurih, lontong juga biasa dinikmati dengan lauk daging ayam kampung. Kalau suka pedas, lontong tuyuhan makin enak disantap dengan tambahan sambal. Sajian khas ini akan mudah ditemui di desa Tuyuhan, penjualnya tersebar di sepanjang jalan.

3. Kelo Mrico

Enaknya Sate Serepeh hingga Urap Latoh di Rembang Foto: Istimewa

Dalam bahasa Rembang, kelo memiliki arti sayur berkuah. Sementara mrico biasa digunakan untuk menyebut merica jadi kelo mrico adalah sajian berkuah yang dibumbui dengan merica.

Untuk membuat hidangan ini digunakan ikan air laut maupun air tawar. Rasanya identik pedas karena menggunakan banyak merica sebagai bumbu. Kelo mrico makin enak dinikmati hangat bersama seporsi nasi putih. Rasa pedasnya dijamin bikin melek.

4. Urap Latoh

Enaknya Sate Serepeh hingga Urap Latoh di Rembang Foto: Istimewa

Urap yang satu ini terbilang unik karena tidak dibuat dengan campuran sayuran melainkan menggunakan latoh. Latoh adalah jenis rumput laut berwarna hijau yang memiliki tekstur kenyal.

Rasa alami latoh yang asin gurih membuat urap khas Rembang yang satu ini semakin menggoda. Paduan sambal yang pedas membuatnya rasanya semakin nikmat. Biasanya urap latoh disantap dengan nasi liwet dan tempe goreng.

5. Soto Rembang

Enaknya Sate Serepeh hingga Urap Latoh di Rembang Foto: Istimewa

Meski tak terlalu populer, Rembang juga punya soto enak lho. Seporsi soto Rembang berisi campuran kecambah, daging ayam atau sapi lalu diberi pelengkap bawang goreng.

Yang membuatnya unik yakni kuah soto yang berbumbu pekat dengan tambahan santan. Kuahnya berwarna kuning kecoklatan dan makin enak dinikmati hangat. Di kawasan Rembang, soto ini banyak dijajakan di sepanjang jalan maupun di pasar tradisional di Rembang.

Baca juga :Mencicip Urap Latoh yang Renyah dan Menyehatkan Khas Rembang

(lus/odi)