Kuliner Mudik dan Liburan

Selain Telur Asin, Ini 5 Kuliner Brebes yang Bikin Lidah Bergoyang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 29 Mei 2019 17:40 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Brebes memang terkenal dengan telur asinnya, namun ada kuliner enak lain yang wajib dicicip saat ke sini. Apa saja ya?

Kuliner Brebes tak kalah menggugah selera. Kalau Anda melintas atau mudik ke Brebes, pastikan mencicip kuliner Brebes yang khas dan terkenal enak. detikFood merangkum informasinya seperti berikut.

1. Sate Blengong
Selain Telur Asin, Ini 5 Kuliner Brebes yang Bikin Lidah BergoyangFoto: Istimewa
Foto: dok. detikcom
Sate Blengong selalu jadi buruan warga Brebes kala kembali ke kampung halamannya. Sate ini disajikan bersama ketupat lalu dihidangkan sebagai teman ndobres alias ndopok (ngobrol) bersama keluarga atau kerabat. Blengong sendiri merupakan unggas hasil persilangan itik dan mentok.

Daging blengong terkenal empuk dan enak. Potongan daging unggas ini lalu disusun di tusuk sate yang panjangnya lebih dari tusukkan sate biasa. Kalau mau mencicip sate blengong legendaris, mampirlah ke Pondok Kupat Sate Blengong Bpk. Kasturi Rajak. Di sini tersedia sate blengong bakar, sate blengong masak, dan kupat. Banyak juga penjaja sate blengong di kawasan Alun-alun Brebes.

Baca Juga: Pulkam ke Brebes, Sate Blengong Menunggu di Kampung Halaman

2. Soto Tauco
Selain Telur Asin, Ini 5 Kuliner Brebes yang Bikin Lidah BergoyangFoto: Istimewa
Foto: Instagram ningmuljo
Mirip seperti di Tegal, Brebes juga punya soto tauco enak. Soto ini memakai tauco sebagai campuran bumbunya. Kuah soto pun terasa gurih, manis, asam, dan asin. Isian sotonya bisa pilih daging ayam atau potongan babat plus ati ampela.

Soto tauco juga dilengkapi tauge dan irisan daun bawang. Paling enak menikmatinya hangat-hangat dengan nasi putih. Di Brebes, soto tauco masih dibanderol dengan harga cukup murah sekitar Rp 12.000 per porsi. Salah satu tempat untuk menikmatinya adalah Warung Soto Suka Mampir Bapak H Ridwan di Jl. Kh. Ahmad Badawi, Ketanggungan.

3. Bakso Pak Gimin

Selain Telur Asin, Ini 5 Kuliner Brebes yang Bikin Lidah BergoyangFoto: Istimewa
Foto: Istimewa
Meski bakso bukan kuliner asli Brebes, bakso enak bisa ditemui di sini. Namanya Bakso Pak Gimin yang ada di Jl. Teuku Umar Pasar Sitanggal. Ciri khas bakso sapi di sini adalah teksturnya yang empuk kenyal karena dicampuri urat sapi.

Ada juga tambahan tetelan, babat, mie, tauge, dan taburan bawang goreng yang membuat rasanya lebih enak. Bahan lain pada Bakso Pak Gimin adalah acar timun. Penambahan timun membuat cita rasa baksonya makin segar.

4. Ketan Pencok
Selain Telur Asin, Ini 5 Kuliner Brebes yang Bikin Lidah BergoyangFoto: Istimewa
Foto: dok. detikFood
Dari Bumiayu ada jajanan khas Brebes yang wajib dicoba. Namanya ketan pencok yang sudah ada sejak tahun 1960-an. Penjual legendarisnya adalah Ibu Bariyah. Nasi ketan di sini lebih halus dengan tekstur pulen dan lembut.

Ketan lalu dilengkapi pencok atau serundeng yang terbuat dari kelapa parut sangrai. Warnanya kuning kecokelatan dengan rasa gurih manis. Kalau mau mencicipnya, Ketan Pencok Ibu Bariyah punya dua kios di Jalan Pangeran Diponegoro dekat Pasar Induk Bumiayu dan di Jalan KH Ikhsan Turmudzi Nomor 21 Bumiayu.

Baca Juga: Lewat Bumiayu Wajib Cicip Ketan Pencok yang Pulen Wangi

5. Rujak Belut

Selain Telur Asin, Ini 5 Kuliner Brebes yang Bikin Lidah BergoyangFoto: Istimewa

Foto: Instagram kuliner_brebes
Kalau rujak buah sudah biasa, Brebes punya rujak belut yang unik dan patut dicoba. Bahan utamanya tentu saja belut goreng dengan ramuan bumbu rujak pecel. Bahan bumbunya antara lain kacang tanah, cabai rawit, terasi, garam, dan kecap.

Rujak belut disebut-sebut bisa meningkatkan stamina dan mengandung protein sangat tinggi. Salah satu penjual rujak belut legendaris di Brebes adalah Rujak Belut Ibu Kidah di Desa Bulakelor, Ketanggungan. Seporsi rujak belut di sini harganya sekitar Rp 50.000.

(adr/odi)