Kulit Lebih Cerah dengan Olesan 3 Masker Lemon Alami

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 29 Mei 2019 07:51 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Tak hanya punya sensasi rasa segar, lemon juga bisa dimanfaatkan sebagai masker. Diracik dengan kunyit hingga madu, bisa bantu cerahkan kulit.

Banyak wanita menghindari sinar matahari karena cemas dengan kulit dan wajahnya. Karena dengan terpapar sinar ultraviolet matahari, warna kulit bisa menjadi lebih gelap. Bukan hanya itu, polusi udara ternyata juga dapat menyebabkan kulit kusam dan gelap.

Penggelapan kulit tentu menjadi hal yang sangat dihindari wanita. Segala cara akan dilakukan demi kulit putih dan cerah.

Karena pada dasarnya, semua orang menginginkan kulit yang cerah, tetapi tidak mudah dihasilkan apalagi di musim panas seperti saat ini.

Namun ada bahan dan cara alternatif yang murah dan mudah untuk dicoba di rumah. Salah satu bahan yang paling populer di antaranya adalah lemon.

Lemon dikenal memiliki efek pembersihan dan pemutih alami. Asam sitrat dalam jus lemon dapat membuang sel-sel mati pada kulit yang disebabkan oleh penggelapan kulit.

Karena itu, lemon dapat membantu dalam memutihkan kulit. Sifat pemutih lemon adalah melanin, yaitu pigmen yang membentuk warna kulit.

Lemon juga mengandung asam alfa-hidroksi yang dapat mengelupas lapisan atas kulit dan menghilangkan penggelapan kulit. Serta dapat melembabkan kulit dan membuatnya tetap terhidrasi.

Untuk tetap merawat kulit dari sinar matahari, Anda bisa mengoleskan lemon ke kulit Anda atau menggunakan jusnya. Berikut adalah tiga cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi penggelapan kulit. Cara ini termasuk tradisi kuno yang terbukti dapat mencerahkan kulit.

Baca Juga: Apa Benar Minum Air Lemon Efektif Turunkan Berat Badan?

1. Jus lemon dan kunyit

Kulit Lebih Cerah dengan Olesan 3 Masker Lemon AlamiFoto: Istock

Metode klasik ini biasa dilakukan oleh masyarakat India. Cukup campurkan 2 sendok makan jus lemon dan 1 sendok teh bubuk kunyit, lalu aduk rata. Oleskan masker ini di daerah yang ingin Anda cerahkan, kemudian cuci setelah 20 menit. Anda bisa lakukan setidaknya dua kali seminggu.

2. Jus lemon dan gula

Kulit Lebih Cerah dengan Olesan 3 Masker Lemon AlamiFoto: Istock

Gula adalah zat pembersih yang sangat baik. Cukup campurkan 1 sendok makan gula pasir dengan beberapa tetes jus lemon. Gunakan masker ini dengan gerakan melingkar dan biarkan selama 15-20 menit. Kemudian cuci dengan air dingin. Anda bisa lakukan seminggu sekali untuk hasil yang efektif.

3. Jus lemon dan madu

Kulit Lebih Cerah dengan Olesan 3 Masker Lemon AlamiFoto: istock

Madu memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang bila dicampur dengan jus lemon dapat membantu mencerahkan kulit Anda. Cukup campurkan dua sendok makan madu dengan 2-3 tetes jus lemon. Oleskan campuran ini ke wajah kemudian biarkan selama 15 menit. Cuci dengan air dingin dan gunakan masker ini setidaknya seminggu sekali.

Baca Juga: Apa Benar Minum Air Lemon Efektif Turunkan Berat Badan?

(lus/odi)