Lapisan Makanan Alami Ini Bikin Sayur dan Buah Lebih Tahan Lama

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 28 Mei 2019 18:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Biasanya sayur dan buah hanya bertahan selama beberapa hari saja. Tapi dengan lapisan makanan yang terbuat dari bahan alami, dapat membuat makanan lebih tahan lama.

Lapisan makanan yang satu ini bukan terbuat dari lilin atau plastik, melainkan terbuat dari biji-bijian dan buah yang disulap menjadi bubur. Lapisan makanan ini terbukti dapat menghentikan buah pisang dari menghitam, dan sayuran jadi layu.

Baca Juga: Kurangi Sampah, Perusahaan Ini Buat Kemasan Makanan dari Bambu dan Singkong
Lapisan Makanan Alami Ini Bikin Sayur dan Buah Lebih Tahan LamaFoto: Istimewa
Dikabarkan Daily Mail UK (24/05), lapisan makanan ini dibuat dari bahan-bahan yang ditemukan dalam biji-bijian dan bubur buah, yang membentuk oksigen alami untuk melapisi buah serta sayuran. Oksigen alami ini melindungi permukaan buah dari pisang, hingga alpukat dari proses pembusukan yang cepat.

Selain itu lapisan makanan berbentuk oksigen ini, membuat produk buah dan sayuran jadi lebih segar, tanpa perlu dikemas lagi dengan plastik. Sehingga penemuan dari perusahaan Apeel Sciences asal Goleta, California, ini dinilai dapat membantu mengurangi limbah plastik di lingkungan.

Untuk membuktikan efek dari lapisan makanan ini, beberapa buah seperti strawberry, pisang, alpukat, hingga lemon dilapisi dengan produk yang diberi nama 'Edipeel'. Produk ini bentuknya spray, di mana setiap permukaan buah disemprot oleh cairan dari spray tersebut.
Lapisan Makanan Alami Ini Bikin Sayur dan Buah Lebih Tahan LamaFoto: Istimewa
Hasilnya lewat video yang diunggah oleh Apeel, produk mereka ini dapat memperpanjang masa konsumsi buah dan sayuran. Memperlambat proses pertumbuhan jamur, hingga pembusukan. Bahkan buah lemon yang dilapisi oleh Apeel bisa bertahan lebih dari satu bulan. Sementara buah pisang, tetap tampil cerah tanpa bintik hitam selama 10 hari.

"Produk buah dan sayuran tetap segar 2-3 kali lebih lama dari umumnya. Di mana kehadiran Edipeel ini dapat mempromosikan pertumbuhan yang berkelanjutan, tentunya makanan memiliki kualitas yang lebih baik. Serta limbah makanan yang berkurang," jelas James Rogers, selaku chief executive Apeel.

"Untuk para petani, pemasok, hingga pengecer, Apeel merupakan satu-satunya solusi setelah panen dengan menciptakan iklim mikro yang optimal. Sehingga hasil panen jauh lebih tahan lama, dan mengurangi ketergantungan pada lemari pendingin," lanjutnya.
Lapisan Makanan Alami Ini Bikin Sayur dan Buah Lebih Tahan LamaFoto: Istimewa
Produk lapisan makanan ini juga sudah diberikan izin oleh European Commission untuk beberapa buah dan sayuran.

Apeel bukan satu-satunya perusahaan yang mengeluarkan produk, untuk mengurangi limbah plastik dan makanan di dunia. Sebelumnya supermarket di Bali, Vietnam, hingga Thailand memutuskan untuk mengganti kemasan plastik untuk makanan dengan daun pisang, yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: Ramah Lingkungan, Supermarket di Bali hingga Vietnam Pakai Kemasan Daun pisang (sob/odi)