Chui Kao So, Kue Kering Hits Lebaran yang Gampang Dibuat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 28 Mei 2019 17:50 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Mau bikin kue kering enak dan praktis untuk Lebaran? Chui kao so bisa jadi pilihan. Kue asal China ini teksturnya garing dengan rasa gurih mirip kacang.

Ada banyak ide kreasi kue kering jelang hari raya. Salah satu yang tengah hits di media sosial adalah chui kao so. Kue kering ini aslinya dari negeri China. Dihubungi detikFood (28/5), Chef Thomaz Law dari Law's Kitchen menjadi pelopor tren chui kao so di Indonesia.

Soal sejarah, Chef Thomaz menceritakan chui kao so awalnya ada dalam acara sangjit yaitu prosesi lamaran orang suku Kong Hu (suku asli orang Hong Kong). "Dalam prosesi sangjit tersebut, ada seserahan box yang berisi 4 jenis kue, nah salah satunya adalah si chui kao so ini," tutur Chef Thomaz.

Ia juga sempat menjelaskan soal arti kata chui kao so. "脆Cui = crispy, 烤Kao = sesuatu yg dipanggang / bake, 烧Shao = bake," jelas chef ramah ini.

Chui Kao So, Kue Kering Hits Lebaran yang Gampang DibuatFoto: Instagram lawthomaz

Baca Juga: Law's Kitchen: Lembut Harum Marmer Cake dan Bolu Jadul Buatan 'The King of Marmer Cake'

Ciri khas kue kering yang populer di Medan ini ada pada teksturnya yang garing dan renyah mirip kue emping. Chui kao so juga menghadirkan rasa kacang padahal tidak dibuat dengan kacang ataupun emping. "Ini yang bikin banyak orang jadi penasaran," lanjut Chef Thomaz.

Ia menyebut ada penggunaan campuran minyak goreng atau minyak sayur dalam adonan chui kao so. Chef Thomaz menerangkan, "Kalau di China aslinya pakai minyak B2."

Senada dengan Chef Thomaz, pastry chef Yongki Gunawan mengatakan bahan kunci kue kering ini ialah minyak sayur. "Lemaknya itu dari minyak sayur jadinya kress, renyah," kata Chef Yongki. Sementara untuk toppingnya, ia menambahkan wijen.

Chui Kao So, Kue Kering Hits Lebaran yang Gampang DibuatFoto: dok. detikFood

Kreasi chui kao so juga ramai di Instagram. Penelusuran tagar #chuikaoso menghasilkan banyak unggahan foto chui kao so kreasi netizen. Salah satu resep terpopuler adalah buatan Riyas Irmadona. Ia membagikan resep kue kering ini di Instagram dan YouTube pribadinya.

Baca Juga: Tips Bikin Nastar, Kastengel, hingga Putri Salju Enak dari Pastry Chef Senior

Bahan yang digunakan antara lain tepung terigu, gula pasir, minyak sayur, kuning telur, mentega, baking powder, soda kue, garam, air, dan wijen untuk taburan. Khusus gula pasir, Riyas mengatakan, "Gula pasir bisa kasar atau halus. Kalau kasar, tekstur gulanya membuat kue krenyes, krenyes. Enak juga."

Chui Kao So, Kue Kering Hits Lebaran yang Gampang DibuatFoto: Instagram riyasirmadon

Untuk membuatnya, bahan-bahan tersebut dicampurkan hingga rata dan bisa dipulung. Adonan lalu dipipihkan, dioles kuning telur, dan ditaburi wijen. Terakhir chui kao so dipanggang 15-17 menit di oven bersuhu 175 C menggunakan api atas bawah. Kue kering ini pun siap disantap.

Kalau mau beli, Chef Thomaz menjualnya di Laws Kitchen. Satu kotak chui kao so ukuran reguler dibanderol Rp 110.000, sementara per stoples mini chui kao so harganya Rp 130.000.

(adr/odi)