Kuliner Mudik dan Lebaran

Si Kecil Ikut Mudik? Ini Camilan Sehat yang Bisa Dibawa Sebagai Bekal

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 28 Mei 2019 16:30 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Pastikan asupan makanan si kecil tetap terjaga selama perjalanan mudik nanti. Bekal sehat seperti buah segar, susu hingga sereal bisa jadi solusi.

Berencana ajak si kecil untuk ikut mudik? Jika mudik dengan jalur darat yang menempuh perjalanan hingga berhari-hari, sebaiknya jadikan 6 bahan ini sebagai bekalnya. Selain menyehatkan, keenamnya juga membuat si kecil lebih berenergi dan kenyang lebih lama.

1. Roti

Si Kecil Ikut Mudik? Ini Camilan Sehat yang Bisa Dibawa Sebagai BekalFoto: iStock

Selain praktis, makanan pengganti nasi ini cocok dijadikan bekal mudik. Selain mudah ditemukan, roti kemasan juga bisa bertahan selama 2-3 hari. Roti tawar putih biasa atau pun gandum yang diberi selai cokelat bisa memberi energi pada si kecil selama perjalanan mudik.

Belum lagi selai berbahan dasar biji kokoa yang kaya akan flavonoid, sejenis antioksidan untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel. Jika malas meracik roti dengan selainya, Anda bisa memberi roti sandwich kemasan kesukaan si kecil.


2. Buah segar

Si Kecil Ikut Mudik? Ini Camilan Sehat yang Bisa Dibawa Sebagai BekalFoto: Istimewa

Sebaiknya bawa buah-buahan segar seperti apel, pisang, kurma hingga pir saat mudik. Sebab keempatnya punya satu manfaat yang sama, yakni membuat tubuh kenyang lebih lama.

Anda bisa mengatasi si kecil yang sulit makan dengan memberi buah segar favoritnya selama perjalanan. Selain mengenyangkan dan punya banyak vitamin, buah-buahan itu juga tidak cepat busuk.

3. Biskuit

Si Kecil Ikut Mudik? Ini Camilan Sehat yang Bisa Dibawa Sebagai BekalFoto: iStock

Saat ini, sudah banyak biskuit gandum kemasan dengan ragam rasa. Selain mengandung gandum dan susu, biskuit isi selai cokelat juga bisa dijadikan bekal untuk si kecil. Biskuit gandum isi selai ini lebih sehat ketimbang keripik atau camilan gurih lain. Sebab camilan gurih justru bisa membuat si kecil mudah haus sehingga Anda pun terpaksa berhenti di beberapa tempat hanya untuk menemani si kecil buang air kecil.

Tapi si kecil akan lebih bersemangat jika Anda mengizinkannya untuk memadukan biskuit dengan susu cair. Selain enak, paduan biskuit dan susu juga lebih menyehatkan.

4. Susu

Si Kecil Ikut Mudik? Ini Camilan Sehat yang Bisa Dibawa Sebagai BekalFoto: shutterstock

Susu pas dijodohkan dengan biskuit. Jika Anda membawa biskuit, tak ada salahnya ikut membeli dan membawa susu kemasan. Konsumsi susu cair juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil agar lebih kuat di jalan.

Namun jika Anda membawa anak di bawah usia lima tahun, pastikan asupan susunya terpenuhi selama dalam perjalanan. Tentunya dengan membawa susu, termos air panas, dan botol susunya.

5. Sereal

Si Kecil Ikut Mudik? Ini Camilan Sehat yang Bisa Dibawa Sebagai BekalFoto: iStock

Selain roti, sereal bisa jadi sumber karbohidrat lain yang bisa diasup ke dalam tubuh si kecil. Sereal cokelat yang renyah dipadu dengan susu kemasan dingin jadi santapan mengenyangkan praktis untuk si kecil. Selain enak, sereal mengandung bahan-bahan menyehatkan seperti serat, protein, vitamin dan mineral.

6. Puding

Si Kecil Ikut Mudik? Ini Camilan Sehat yang Bisa Dibawa Sebagai BekalFoto: detikfood

Puding bisa jadi bekal camilan sehat selama perjalanan. Selain mudah dibuat, puding juga punya rasa yang enak. Makin sehat jika puding dibuat dengan paduan bahan lain seperti kacang merah dan edamame. Anda bisa membuat bekal ini sendiri di rumah sebelum melakukan perjalanan mudik.

(dwa/odi)