Kuliner Mudik dan Lebaran

Ini 5 Makanan Bekal Mudik Tak Mudah Basi

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 28 Mei 2019 16:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menyiapkan bekal untuk mudik, tidak bisa sembarangan. Jika salah memilih makanan, nantinya akan mudah basi dan tidak awet. Sebaiknya kemas makanan yang tahan lama.

Selain makanan kering, ada beberapa makanan yang juga awet. Makanan-makanan ini bisa dikemas untuk bekal di dalam perjalanan pulang ke kampung halaman. Hindari makanan yang berkuah, dan pilih lah makanan yang digoreng, dan punya tekstur kering.

Salah satu menu makanan yang tidak gampang basi ada abon, telur rebus, hingga ayam goreng.

Baca Juga: Sebelum Mudik, Yuk Siapkan 5 Bekal Makanan Kering Ini


1. Abon

Ini 5 Makanan Bekal Mudik Tak Mudah Basi Foto: Istimewa

Diolah dari suwiran daging, abon cocok jadi bekal saat mudik. Abon punya tekstur yang kering dan garing, sehingga tidak lembek dan basah yang menjadi salah satu penyebab makanan yang mudah basi. Pilihan abon juga beragam, ada abon ayam, daging, hingga ikan tuna yang lebih tahan lama.

Sebaiknya simpan abon di dalam wadah yang kedap udara, agar teksturnya tetap terjaga. Jika membuat abon sendiri, pastikan hindari menaruh abon dalam wadah tertutup ketika masih panas karena akan membuat abon menjadi lebih lembab, dan tidak awet.


2. Dendeng Ragi

Ini 5 Makanan Bekal Mudik Tak Mudah Basi Foto: Istimewa
Dendeng ragi mirip dengan dendeng biasa. Hanya saja teksturnya lebih kering, dan menggunakan serundeng yang enak gurih. Makanan ini cukup tahan lama, bahkan bisa bertahan hingga dua bulan lebih, tanpa perlu dihangatkan.

Tentunya dendeng ragi harus disimpan ke dalam wadah kedap udara, agar tetap awet dan kualitas terjaga. Pastikan kondisi dendeng ragi sudah dingin saat dumasukkan ke dalam wadah.


3. Telur Rebus

Ini 5 Makanan Bekal Mudik Tak Mudah Basi Foto: Istimewa

Jika suka bekal makanan yang praktis dan tidak ribet. Bisa bawa telur rebus, yang bisa bertahan hingga lima hari di dalam suhu ruangan. Selain itu telur rebus juga punya banyak protein, dan menambah energi selama di perjalanan mudik.

Tak perlu bawa telur rebus banyak-banyak, cukup bawa lima butir atau sesuai kebutuhan. Kemudian simpan telur di dalam wadah yang kering dan terutup rapat, kupas cangkangnya ketika akan dimakan.


4. Sambal Teri

Ini 5 Makanan Bekal Mudik Tak Mudah Basi Foto: Istimewa

Banyak produk sambal kemasan yang awet dan bisa bertahan hingga beberapa bulan. Tapi kalau mau bawa sambal, yang sekaligus bisa jadi lauk makan nasi. Bisa bawa sambal teri. Sebelumnya teri digoreng hingga garing.

Kemudian ditumis dengan bumbu sambal seperti cabe keriting, bawang emrah dan bawang putih, tumis hingga kering. Setelah sambal matang, bisa dimasukkan ke dalam wadah kedap udara, dan jadi teman makan nasi putih dalam perjalanan mudik.


5. Ayam Suwir

Ini 5 Makanan Bekal Mudik Tak Mudah Basi Foto: Istimewa

Ayam suwir masuk ke dalam salah satu makanan yang tidak mudah basi. Selain itu ayam suwir juga mudah dikemas, karena tidak memakan banyak tempat. Bisa disimpan di wadah makanan yang kecil, hingga besar.

Cara membuat ayam suwir juga mudah. Cukup sediakan daging ayam bagian bawang, kemudian ditumis hingga kering dengan bumbu bawang putih, bawang merah, hingga cabe merah sesuai selera. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Kemudian simpan di dalam wadah tertutup.

Baca Juga: Begini Cara Mengolah Itiak Lado Mudo Khas Ngarai Bukittinggi (sob/odi)