Rekomendasi Tempat Makan

Mari Bukber Dengan Menu Autentik Khas Sunda di 5 Restoran Ini

Devi Setya - detikFood Senin, 27 Mei 2019 14:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Mencari masakan Sunda di Bandung memang bukan perkara sulit. Ada banyak restoran yang punya sajian autentik Sunda yang sedap mantap.

Ramadhan sudah akan berakhir sebentar lagi, acara bukber juga semakin sering digelar. Kalau berniat bukber di kawasan Bandung, cobalah mampir ke 5 restoran Sunda ini. Suasananya enak plus makanannya dijamin juara.

1. Nasi Bancakan
Mari Bukber Dengan Menu Autentik Khas Sunda di 5 Restoran IniFoto: istimewa

Mau santap buka puasa sekaligus merekatkan tali silaurahmi, cobalah datang ke restoran ini. Di sini makanan bisa disantap secara bancakan atau beramai-ramai. Meski terkesan jadul dan sangat tradisional, restoran ini selalu sukses menghadirkan suasana makan yang ngangeni.

Menu pilihan di restoran ini juga banyak mulai dari ayam goreng, ikan goreng, daging empal hingga ikan asin jambal roti. Kalau makan di resto ini jangan lewatkan sambal dan aneka lalapan segar yang disajikan berlimpah.

Nasi Bancakan
Jl. Trunojoyo No.62, Citarum, Bandung Wetan
Bandung, Jawa Barat
Telepon (022) 4203650

2. Raja Sunda
Restoran yang satu ini punya area makan yang nyaman dan luas sehingga bisa dijadikan lokasi kumpul bukber. Sesuai dengan namanya, restoran ini menyajikan kuliner khas Sunda yang terkenal enak, apalagi harganya juga terkenal terjangkau.

Selain ayam goreng dan ikan asin, resto ini juga memiliki sajian spesial seperti ikan gurame dan aneka pepes. Varian nasinya juga lengkap ada nasi tutug oncom khas Sunda.

Raja Sunda
Jl. Doktor Djunjunan No. 63, Padjajaran
Bandung
Telepon (022) 6037688

3. Nasi Timbel Bawean
Mari Bukber Dengan Menu Autentik Khas Sunda di 5 Restoran IniFoto: istimewa

Nasi timbel yang harum jadi menu andalan di tempat makan ini. Nasi hangat yang dibungkus daun pisang ini semakin nikmat dengan lauk pelengkap yang bisa dipilih sesuai selera.

Ada menu paket yang terdiri dari nasi timbel, ayam goreng, tempe, tahu dan sambal atau bisa pilih lauk pelengkap lainnya. Harga yang dibanderol untuk paket lengkap ini juga terbilang murah mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu.

Nasi Timbel Bawean
Jl. Bawean No. 3 Merdeka
Kec. Sumur Bandung, Bandung
Telepon 08122020235

4. RM Kampoeng Sawah Soreang
Kalau berada di kawasan Soreang, coba mampir ke rumah makan Kampoeng Sawah Soreang. Konsep rumah makan yang lesehan membuat suasana semakin terasa Sunda banget.

Menu makanannya juga khas Sunda antara lain nasi timbel, nasi liwet, nasi tutug oncom, ayam goreng sunda, sayur asem dan yang pasti sambal dan lalapan. Rumah makan ini juga dibuat outdoor sehingga bisa merasakan udara Bandung yang sejuk.

RM. Kampoeng Sawah Soreang
Jl. Gandasari No. 152, Cangkuang
Bandung, Jawa Barat
Telepon (022) 5892396

5. Restoran Alas Daun
Mari Bukber Dengan Menu Autentik Khas Sunda di 5 Restoran IniFoto: istimewa

Mau makan hidangan sunda tradisional yang menggunakan alas makan daun pisang? Coba datang ke restoran ini. Makanan yang disajikan tidak dihidangkan menggunakan piring melainkan menggunakan daun pisang.

Anda bisa makan di atas daun pisang dan disantap langsung menggunakan tangan. Hidangan yang jadi andalan di restoran ini juga terbilang komplit, jangan lewatkan sayur asem atau karedok racikan restoran ini.

Restoran Alas Daun
Jl. Citarum No. 34
Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan
Bandung, Jawa Barat
Telepon (022) 7231101 (dvs/odi)