Kue Lebaran Enak

Baking Powder dan Soda Kue Penting Untuk Pembuatan Kue, Apa Bedanya?

Milla Kurniaputri - detikFood Minggu, 26 Mei 2019 12:29 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sering orang bingung mau pakai soda kue atau baking powder untuk bikin kue. Sama-sama bubuk putih, apa beda keduanya ya?

Di hari libur menjelang Lebaran, banyak orang yang sibuk membuat aneka kue terutama kue kering. Ragam kue ini pun nantinya akan disuguhkan untuk para tamu.

Soda kue menjadi bahan yang sering dicampurkan dengan adonan kue, terutama kue kering. Dikutip dari Food Beast (23/05), soda kue bisa digantikan dengan baking powder.

Baca Juga: Ragam Kue Ikonik yang Meriahkan Silaturahmi Hari Raya

Baking Powder dan Soda Kue Penting Untuk Pembuatan Kue, Apa Bedanya?Foto: iStock

Meskipun soda kue dan baking powder terlihat sama dan terasa hampir identik, ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya. Soda kue (sodium bikarbonat) bersifat alkalin dan akan bereaksi dengan asam seperti cuka, buttermilk, sour cream, air jeruk lemon, yogurt, dan madu dalam proses pembuatan kue.

Tanpa bahan tersebut, soda kue tak aktif dan adonan tak akan mengembang serta renyah. Reaksinya akan muncul setelah dicampur bahan-bahan tersebut tadi. Jadi, pangganglah adonan yang memakai soda kue dengan segera, sebelum menjadi kempis adonannya.

Sedangkan baking powder adalah soda kue yang sudah mengandung komponen asam seperti cream of tartar. Karena baking powder mengandung asam, ia dapat mengembangkan kue tanpa perlu menambahkan bahan-bahan yang bersifat asam dalam adonan.

Baking Powder dan Soda Kue Penting Untuk Pembuatan Kue, Apa Bedanya?Foto: iStock

Ada dua jenis baking powder, single acting dan double acting. Baking powder single acting diaktifkan oleh kelembaban, jadi Anda harus segera memanggang adonan dengan tambahan baking powder setelah dicampur rata.

Sedangkan baking powder berjenis double acting, bisa bertahan sebentar sebelum dipanggang, karena pelepasan gasnya terjadi dalam dua tahap. Sedikit gas dilepas pada proses pengocokan dengan bahan-bahan basah. Sementara sebagian besar gasnya dilepas di dalam oven saat suhu adonan naik.

Nah ketika Anda sedang membuat kue dan tidak memiliki soda kue, cukup ganti jumlah soda kue dengan empat kali jumlah baking powder double acting atau 2 sdt baking powder untuk setiap 1/2 sdt soda kue. Karena soda kue memiliki empat kali kekuatan ragi dibandingkan baking powder.Justru terkadang baking powder mengandung sedikit garam. Jadi Anda bisa mengurangi garam sedikit ketika melakukan proses ini.

Baca Juga: Ini 5 Camilan Lebaran yang Jadi Suguhan Wajib di Wonogiri (lus/odi)