Kue Lebaran Enak

5 Tips Belanja Kue Lebaran Kiloan yang Murah Enak di Pusat Grosir Kue

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 25 Mei 2019 09:35 WIB
Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Jakarta - Kue kering kiloan jadi solusi menghemat jitu jelang Lebaran. Jika tertarik membelinya, sebaiknya perhatikan 5 hal ini sebelum pergi ke pusat grosir kue.

Membawa catatan hingga membawa stoples kue sendiri bisa jadi trik khusus saat berbelanja kue kiloan di pasar. Keduanya bertujuan untuk memudahkan Anda. Daripada bingung, simak 5 tips dan trik khusus saat berbelanja kue di pusat grosir kue berikut.

1. Datang ke pasar terdekat

5 Trik Belanja Kue Lebaran Murah di Pusat Grosir KueFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Ada banyak pasar yang sediakan kue kering serta aneka camilan gurih manis kiloan di Jakarta. Yang terkenal dan ramai pembeli memang di basemant Pasar Jatinegara. Saking terkenalnya, wilayah ini disebut 'Pusat Grosir Kue'. Meski begitu, ada beberapa pasar yang juga sediakan kue dan camilan kiloan.

Contohnya Pasar Mayestik dan Pasar Senen. Untuk itu, sebaiknya cari informasi mengebai penjual kue kiloan yang ada di dekat rumah Anda. Selain hemat tenaga, belanja di pasar dekat rumah juga lebih praktis dan ekonomis.

2. Bawa catatan dan uang tunai

5 Trik Belanja Kue Lebaran Murah di Pusat Grosir KueFoto: iStock

Dua hal ini perlu Anda perhatikan saat berbelanja di pusat grosir kue. Sebelum ke pasar, Anda wajib punya catatan lengkap soal kue apa yang ingin dibeli. Catatan memudahkan Anda dalam membeli dan tidak merogoh kocek dalam lantaran tergoda dengan varian kue dan camilan lain. Anda tetap bisa mendapatkan kue-kue incaran tanpa melebihi budget.

Pembayaran yang dilakukan di pasar tidaklah sama seperti pembayaran di toko kue biasa. Anda harus menyiapkan uang tunai jika berbelanja di pasar. Karena kebanyakan pedagang lebih suka transaksi tunai.

3. Belanja lebih pagi

5 Trik Belanja Kue Lebaran Murah di Pusat Grosir KueFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Jika tidak ingin terlalu lama mengantre saat membeli kue, sebaiknya datang lebih pagi. Selama bulan Ramadan, banyak penjaja kue yang membuka tokonya lebih awal. Contohnya saja penjual kue di Pasar Jatinegara. Karena tinggi peminat, toko kue 'Suka Hati' yang dibuka sejak lebih dari 20 tahun sudah membuka toko pukul setengah 7 pagi.

Saat toko belum ramai Anda bisa lebih santai mencicipi sampel kue dan menentukan pilihan. Kalau beruntung bisa dapat diskon. Karena pedagang sering memberi diskon pada pembeli pertama yang dipercaya bakal memberi rejeki lebih di hari itu.


4. Bawa wadah dan perhatikan timbangan

5 Trik Belanja Kue Lebaran Murah di Pusat Grosir KueFoto: iStock

Sebaiknya bawa wadah atau stoples kedap udara sendiri ke pasar. Sebab jika Anda membiarkan para pelayan mengemas kue lewat plastik kedap udara, Anda justru akan kesulitan menyusun kue yang sudah dibeli ke dalam stoples di rumah. Selain lebih praktis karena tak perlu memindahkan kue, juga lebih hemat.

Sebaiknya cek kembali kondisi stoples plastik, jika Anda tetap ingin membeli kue dalam stoples plastik ukuran 1 kilogram langsung di toko. Salah-salah, stoples yang ada justru tidak kedap udara dan membuat kue mudah melempem.

Usai mengemas, tibalah saatnya sang penjual menimbang kue atau pun camilan yang Anda beli. Dalam tahap ini, perhatikan dengan seksama angka dalam alat timbang manual atau digital milik toko kue. Pastikan berat kue yang Anda beli sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

5. Memilih toko dan cicipi kue

5 Trik Belanja Kue Lebaran Murah di Pusat Grosir KueFoto: iStock/Instagram

Jika sudah sampai di pasar yang dituju, perhatikan dulu toko mana yang ramai pembeli sekaligus punya pilihan kue lengkap. Meski jenis kue dari toko yang punya banyak pelanggan dan toko kue biasa terlihat sama, toko yang ramai menandakan bahwa kue yang ada terjamin kualitasnya. Pihak toko pasti rutin memesan kue baru untuk memenuhi permintaan yang membludak.

Jika Anda diperkenankan untuk mencicipi kue yang akan dibeli, jangan sia-siakan kesempatan itu. Dengan begitu Anda bisa menaksir sendiri bahan apa saja yang digunakan untuk membuat kue tersebut. Pada akhirnya, kue dan camilan berkualitas yang akan Anda bawa pulang. (dwa/odi)