Kue Lebaran Enak

Nastar 24 Karat hingga Nastar Hitam, Nastar Kekinian yang Sedang Tren

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 24 Mei 2019 17:00 WIB
Foto: dok.detikFood Foto: dok.detikFood
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak
Jakarta - Tak hanya berbentuk bulat, nastar 24 karat hingga nastar retak-retak jadi nastar kekinian yang punya banyak penggemar. Seperti ini bentuknya!

Chef Yongki Gunawan membeberkan tren pembuatan nastar kekinian yang banyak dicari orang. Ada nastar hitam legam hingga nastar retak-retak. Berikut 5 jenis nastar hits yang banyak dicari orang jelang Lebaran.

1. Nastar 24 karat

Nastar 24 Karat hingga Nastar Hitam, Nastar Kekinian yang Sedang TrenFoto: dok.detikFood

"Kalau sudah punya resep nastar, biasanya bentuknya bulat, tengahnya dikasih cengkeh. Sekarang cengkehnya hilang, bundar, mulus. Ditutup pakai kuning telur terus mengilap," papar chef senior, Yongki Gunawan saat ditanya soal pergeseran tren pembuatan kue nastar pada tim detikFood (20/5/2019).

Menurut Chef Yongki, nastar jenis ini masih tergolong basic alias biasa saja. Jika ingin lebih mewah, penggunaan dusting emas (bubuk emas) akan sangat membantu. "Karenanya banyak disebut nastar 24 karat, golden nastar. Itu viral di anak-anak millennial," pungkasnya.

2. Nastar hitam

Nastar 24 Karat hingga Nastar Hitam, Nastar Kekinian yang Sedang TrenFoto: dok.detikFood

Nastar berwarna hitam pekat juga menarik perhatian banyak orang dalam beberapa tahun terakhir. Sebenarnya nastar yang satu ini sama seperti nastar pada umumnya. Hanya saja penambahan bubuk arang (charcoal) hingga Oreo Powder membuat warna adonannya menjadi hitam.

"Nastar yang warnanya hitam, bikin cincin di atasnya. Birunya pakai dusting (satu bahan bubuk bisa dimakan dan diberi warna). Bisa dihias pakai royal icing. Warna hitam karena pakai charcoal (bubuk arang). Atau ada Black Mamba Powder atau Oreo Powder," ungkap chef yang sudah mewarnai bidang pastry tanah air selama 40 tahun itu.


3. Nastar kurma

Nastar 24 Karat hingga Nastar Hitam, Nastar Kekinian yang Sedang TrenFoto: iStock

Kue nastar yang lembut chewy kini tidak hanya diisi dengan selai nanas. Beberapa kreasi nastar kekinian bertema Lebaran sengaja menambahkan buah manis kurma. Nastar ini biasanya disebut sebagai 'Nastar Kurma'.

"Ada juga Nastar Kurma. Dalemnya tetap selai nanas, tapi ada irisan kurma juga. Bentuknya panjang, ujungnya dikasih cengkeh. Bawahnya tetap biasa," jelas chef yang pernah tumbuh di Gombang, Jawa Tengah itu.

Selain kurma, buah yang lembut creamy seperti durian juga tak luput jadi isian nastar kekinian. Chef Yongki menjelaskan bahwa nastar ini diisi dengan selai durian. Biasanya daging durian dicampur dengan gula hingga mengental. Aroma nastar yang satu ini tentu lebih menggoda.

4. Nastar pecah seribu

Nastar 24 Karat hingga Nastar Hitam, Nastar Kekinian yang Sedang TrenFoto: dok.detikFood

Kalau Anda mendapati nastar dengan bentuk retak-retak di atasnya, berarti nastar itu tergolong dalam jenis nastar kekinian dengan nama 'Nastar Pecah Seribu'.

Hal itu diungkap langsung oleh Chef Yongki. Ia berujar, "Nastar retak-retak di atas, nastar pecah seribu namanya. Ada yang bilang Nastar Tiger, Nastar Turtle."

Guratan retak-retak yang ada di permukaan atas nastar didapat lantaran selai nanas sengaja dioles saat adonan nastar sudah dibulat-bulatkan. "Kemudian diamkan satu malam. Jangan di kulkas. Besok paginya dipanggang, nanti dia akan retak karena kuning telurnya mengering terlebih dahulu. Bisa bikin variasinya sendiri. Bisa pakai cetakan apa saja, cetakan cokelat," papar pemilik akun Instagram yongki_gunawan_kue itu.

5. Nastar ketupat

Nastar 24 Karat hingga Nastar Hitam, Nastar Kekinian yang Sedang TrenFoto: dok.detikFood

Sudah jadi rahasia umum jika kini nastar bisa tampil dalam beragam bentuk. Untuk menyambut Hari Raya, pamor nastar berbentuk ketupat semakin meningkat. Chef Yongki bahkan sengaja membuat nastar dengan bentuk ketupat dan bedug jelang Lebaran.

"Menjelang Idul Fitri, (buat nastar) pakai cetakan ketupat dan bedug. Kita kasih dusting food warna hijau dan emas, untuk dioles di atasnya," jelas pengajar dan konsultan bakery terkenal itu.

Dari semua kreasi unik nastar, Chef Yongki menjelaskan bahwa sebaiknya nastar tidak diletakkan di dalam toples kedap udara. "Menyajikan nastar juga tidak perlu di toples rapat, di tempat terbuka saja. Tambah melempem, tambah enak, tambah chewy. Mau 5 hari juga aman. Kalau terigunya dikukus, bisa tahan 1 bulan bahkan," akhirnya.

(dwa/odi)
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak