Piring Kertas Kotor Bekas Pizza Milik Kurt Cobain Laku Rp 324 Juta

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 24 Mei 2019 12:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bagi para penggemar band Nirvana, semua yang berhubungan dengan Kurt Cobain selalu menarik. Baru-baru ini piring kertas kotor miliknya dihargai fantastis.

Kurt Cobain merupakan penyanyi, penulis lagu, sekaligus gitaris dari band aliran grunge, Nirvana yang sempat terkenal di era 90an. Kepergian Kurt yang mendadak pada tahun 1994 di Seattle, menyisakan duka yang mendalam bagi para penggemarnya.

Baca Juga: Ini Foto Terakhir Kurt Cobain Sebelum Bunuh Diri
Piring Kertas Kotor Bekas Pizza Milik Kurt Cobain Laku Rp 324 JutaFoto: Istimewa
Meski sudah berlalu 25 tahun lalu, tapi semua hal yang berhubungan dengannya masih menarik perhatian. Barang-barang peninggalannya, seperti piring kertas kotor saja mampu terjual di angka $22.400 (Rp 324.051.840).

Dikabarkan Page Six (23/05), piring kertas ini disertai dengan surat autentik. Piring ini dilelang melalui Julien Auction's Music Icon, di mana pihak penyelenggara memperkirakan akan menjual piring itu di kisaran harga $1000 - $2000 (Rp 14.466.300 - Rp 28.932.600).

Menurut surat autentik ini, Kurt saat itu tengah berada di salah satu club yang ada di Washington D.C pada tanggal 23 April, 1990. Sebelum tampil di sana, ia sempat menyantap satu atau dua potong pizza di atas piring kertas putih yang disediakan di sana.
Piring Kertas Kotor Bekas Pizza Milik Kurt Cobain Laku Rp 324 JutaFoto: Istimewa
Setelah menyantap pizza di piring itu. Kurt kemudian mulai menuliskan daftar lagu yang akan mereka mainkan di sana. Setelah Nirvana tampil, salah satu pegawai di sana bernama Johnny Riggs, mengambil piring kertas itu dan menyimpannya selama lebih dari tiga dekade.

"Ini merupakan bagian dari sejarah. Tulisan tangan dari Kurt tentang daftar lagu mereka, sebelum mereka terkenal. Anda akan sulit melihat hal yang seperti ini, karena yang hadir setelahnya sudah tidak ditulis dengan tangan lagi," tulis surat autentik, yang dirangkai oleh Johnny.
Piring Kertas Kotor Bekas Pizza Milik Kurt Cobain Laku Rp 324 JutaFoto: Istimewa
Selain piring bekas pizza yang dimakan olek Kurt. Acara lelang ini juga berhasil menjual cardigan hijau, yang digunakan Kurt dalam sesi pemotretan terakhirnya sebelum ia meninggal di 1993. Cardigan ini terjual di harga $75.000 (Rp 1 Miliar), dan disertai album foto Kurt yang diambil oleh fotografer ternama, Jesse Frohman.

Ikon musik era 90an ini diketahui merenggut nyawanya sendiri di rumahnya yang berada di Lake Washington, pada tanggal 5 April 1994.

Baca Juga: Rootbeer dan Heroin di Detik-detik Kematian Kurt Cobain (sob/odi)