Kue Lebaran Enak

Cara Membuat Kastengels Renyah dan Gurih

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 23 Mei 2019 11:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak
Jakarta - Kue kering dengan paduan keju ini banyak disukai pecinta rasa gurih. Agar awet dan renyah, begini cara membuat kastengels renyah.

Meski banyak yang menyebutnya kastengel. Namun, bahasa Belandanya adalah Kaasstengels. Kaas berarti keju dan Stengel adalah batang. Bentuknya mirip dengan jari telunjuk dengan ukuran panjang kurang lebih sekitar 3-4 cm.

Chef Pastry senior Yongki Gunawan mengatakan, untuk mendapatkan tekstur kastengel yang renyah tentu terigunya harus diperhatikan. "Tepung terigu yang kita gunakan harus terigu protein sedang. Terigunya kita kukus dan sangrai. Ini akan menyebabkan kuenya renyah sekali, sampai berapa hari pun dia tidak rusak. Dan jangan takut karena tepung sudah matang," ujarnya.

Cara Membuat Kastengels Renyah dan GurihFoto: iStock

Tepung terigunya dikukus setengah jam dan disangrai hingga kering. Proses pembuatan kastengel juga sangat mudah. Kocok jadi satu butter, gula dan telur. "Agar lebih bagus, butter bisa dimasukkan dulu ke dalam lemari pendingin dan kocok dengan menggunakan mikser sampai putih," Yongki memberikan tips.

Baca juga: Cara Membuat Nastar Mulus Tanpa Retak-retak Halus

Matikan mikser dan masukkan tepung terigu dan aduk dengan garpu. "Ketika tepung sudah masuk, tidak boleh diaduk dengan mikser. Kalau pakai mixer hasilnya akan keras. Cukup aduk dengan garpu sampai bisa dipulung," jelas Yongki.

Kue kering seperti kastengel ini tidak memiliki ukuran yang tepat untuk terigunya. Sehingga jika belum bisa dipulung, Anda bisa menambahkan terigu.

Cara Membuat Kastengels Renyah dan GurihFoto: iStock

Setelah itu potong adonan dan dipoles dengan kuning telur. Diberi taburan keju dan supaya hasilnya renyah dan crunchy, adonan kue dipanggang dengan suhu 120 derajat celcius sekitar 15-20 menit.

Keluarkan dari oven dan biarkan sampai dingin. Panggang lagi selama 20 menit dengan suhu yang sama. Hasilnya pun akan benar-benar renyah!

Kastengel bisa dibuat dengan berbagai rasa. Mulai dari BBQ, smoked beef hingga emping. "Smoked beef jangan dipotong segar. Dipotong kecil dan panaskan sampai kering," pungkasnya.

Baca juga: Bentuk Nastar Unik, Bentuk Burger hingga Buah Manggis

(lus/odi)
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak