Wanita Ini Tewas Usai Makan Escargot yang Terkontaminasi Bakteri

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 22 Mei 2019 17:42 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mengonsumsi makanan laut harus berhati-hati dari kontaminasi bakteri atau bahan berbahaya lainnya. Wanita ini sampai tewas usai makan siput laut yang picu kegagalan organ.

Kisah miris baru saja terjadi di China. Dua wanita dilaporkan tewas pada April dan Mei 2019 usai mereka makan siput laut yang sudah terkontaminasi bakteri berbahaya. Kejadian ini terjadi di Fujian.

Dikutip dari World of Buzz (22/5), keduanya dilaporkan sempat dirawat sekitar satu hari di rumah sakit. Pasien pertama merupakan wanita berusia sekitar 50 tahun. Ia bergegas ke rumah sakit usai kakinya bengkak dan alami demam.

Wanita Ini Tewas Usai Makan Escargot yang Terkontaminasi BakteriFoto: iStock

Usai jalani tes darah, ternyata ia terkontaminasi bakteri Vibrio vulnificus. Hanya berselang beberapa jam saja, kondisinya kian memburuk hingga kritis. Ia akhirnya meninggal usai alami kegagalan organ. Dilaporkan bahwa keluarga sang pasien ternyata pemilik restoran seafood.

Baca Juga: Miris! Bocah 4 Tahun Ini Tewas Usai Makan Roti

Sementara itu, pada kasus pasien kedua ia juga didiagnosa terkontaminasi bakteri pemakan daging itu. Berselang 8 jam dirawat di rumah sakit, kaki pasien terkena infeksi parah hingga mengarah pada sepsis. Respons esktrem dari tubuh terkait infeksi ini bisa sebabkan kerusakan jaringan dan organ dengan cepat.

Wanita Ini Tewas Usai Makan Escargot yang Terkontaminasi BakteriFoto: iStock

Sayangnya, pasien kedua ini juga harus meninggal karena infeksi. Pihak keluarga melaporkan ia sempat makan escargot alias hidangan siput mentah sebelum kejadian.

Pihak dokter di rumah sakit yang menangani pasien menjelaskan bakteri Vibrio vulnificus hidup di lautan yang temperatur airnya sekitar 20 derajat Celsius. Bakteri itu masuk ke dalam tubuh seseorang melalui luka atau ketika seseorang mengonsumsi hidangan laut seperti siput laut yang terkontaminasi dan tidak memasaknya hingga matang.

Kabarnya ada banyak kasus terkait infeksi bakteri Vibrio vulnificus yang sebabkan hal fatal. Di negara yang fasilitas medisnya lengkap saja, tingkat kematian terkait bakteri ini mencapai 30 persen.

Wanita Ini Tewas Usai Makan Escargot yang Terkontaminasi BakteriFoto: iStock

Sebelumnya, kisah nahas juga menimpa seorang wanita di Spanyol. Pengunjung restoran berbintang Michelin, Maria Jesus Fernandez Calvo tewas usai makan hidangan jamur. Ia sempat alami muntah dan diare usai mengonsumsinya.

Di restoran itu, Calvo menyantap nasi dan jamur morchella. Diduga keras jamur yang dihidangkan beracun sehingga timbulkan masalah kesehatan. Diketahui jmur morchella tidak bisa dimakan mentah karena mengandung racun hidrazin yang kuat.

Baca Juga: Duh, Wanita Ini Tewas Usai Makan Jamur di Resto Bintang Michelin!

(adr/odi)