Tidak Berlebihan Ini Menu Sahur Sederhana Kesukaan Presiden Jokowi

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 22 Mei 2019 02:34 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru saja tetapkan Joko Widodo-Ma'ruf sebagai pemenang Pilpres 2019. Kembali jadi presiden, tapi menu sahur Jokowi tetap sederhana.

Berdasarkan keputusan KPU, jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin 85.607.362 suara. Membuat Jokowi kembali menjabat sebagai presiden, meski begitu sosoknya tetap sederhana, termasuk dalam pemilihan menu sahur.

Baca Juga: Sederhana Banget, Ini Menu Sahur dan Berbuka Puasa Favorit Kaesang
Tidak Neko-neko Ini Menu Sahur Sederhana Kesukaan Presiden Jokowi Foto: Istimewa
Presiden kelahiran Surakarta ini, mengaku bahwa ia punya menu sahur favorit, tentunya masakan dari sang istri, Iriana Jokowi. Menu hidangannya tak macam-macam, hanya masakan rumah yang sederhana.

Saat diwawancarai pada tahun 2015 lalu, Jokowi mengaku bahwa dia suka dengan ayam goreng dan ikan gabus saat santap sahur.

"Saya sahurnya jam setengah empat. Cuma makan dengan ayam goreng sama ikan gabus," tuturnya. Kecintaannya pada ikan gabus memang tidak perlu diragukan lagi, dan masih bertahan hingga sekarang.
Tidak Neko-neko Ini Menu Sahur Sederhana Kesukaan Presiden Jokowi Foto: Istimewa
Pada bulan Febuari 2019 lalu contohnya, Jokowi sempat mampir ke Pasar Minggu. Beliau rela menyusuri jalanan yang becek, untuk membeli ikan gabus di sana. Tak tanggung-tanggung, Jokowi langsung beli ikan gabus kering sebanyak 1,7kg dengan harga Rp 300.000. Selain itu tak lupa Jokowi berbelanja dua ekor ayam potong, kedondong, dan buah jeruk.

Tak hanya ikan gabus dan ayam goreng saja. Biasanya menu sahur juga akan dilengkapi dengan tahu dan tempe. Hal ini diungkapkan oleh sang putra, Kaesang kepada detikFood (05/19).

"Saya kan kayak bapak, doyan tahu, tempe. Jadi nggak bosan, biasa saja," jelas Kaesang.
Tidak Neko-neko Ini Menu Sahur Sederhana Kesukaan Presiden Jokowi Foto: Istimewa
Nah, untuk menunjang aktivitas harian. Presiden Jokowi tak lupa berbuka puasa dengan racikan jamu tradisional, agar tubuhnya tetap bugar sepanjang hari. Racikan jamunya terdiri dari 8 potong temulawak, 6 potong kunyit, dan 3 potong jahe.

Baca Juga: Buka Puasa, Kaesang Dipaksa Minum Jamu oleh Jokowi Agar Bugar (sob/odi)