Kue Lebaran Enak

Bentuk Nastar Unik, Bentuk Burger hingga Buah Manggis

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 21 Mei 2019 18:26 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak
Jakarta - Kue nastar jadi kue wajib suguhan hari raya lebaran. Bukan hanya bentuk bulat saja, kini nastar tampil dalam bentuk unik, dari burger hingga ketupat.

Nastar punya tekstur yang empuk, dengan isian selain nanas yang terkenal dengan rasa sedikit asam, manis, dan legit. Nama kue ini berasal dari bahasa Belanda, 'ananas tartjes', ternyata tak hanya memiliki bentuk bulat saja.

Tetap dengan isian selai nanas, bentuk nastar unik juga dengan beragam warna. Semuanya bikin hari raya makin semarak.

Baca Juga: Selai Nanas untuk Isian Nastar Lebih Enak dan Awet dengan Trik Ini

1. Nastar Burger
Bentuk Nastar Unik, Bentuk Burger hingga Buah ManggisFoto: Istimewa

Untuk menarik perhatian, nastar klasik yang biasanya berbentuk bulat. Bisa disulap menjadi bentuk burger, dengan warna yang cerah. Selain menambah warna baru saat Lebaran, nastar burger ini juga cocok untuk jadi camilan si kecil.

Cara membuatnya juga hampir mirip dengan nastar biasanya. Menggunakan tepung, margarin, butter, hingga kuning telur. Bedanya terletak pada isian saja, selain selai nanas, nastar burger bisa diisi dengan selai apel hingga selai blueberry. Sementara untuk membentuk nastar, cukup bentuk bulat adonan lalu sobek sedikit tengahnya, dan bisa diberi selai di bagian tengah dan pinggir. Hias juga dengan selai nanas di atasnya, dan taburan wijen agar mirip seperti burger asli.

2. Nastar Manggis
Bentuk Nastar Unik, Bentuk Burger hingga Buah ManggisFoto: Istimewa

Agar tampilan kue Lebaran lebih menarik. Nastar bisa juga dirubah bentuknya menyerupai buah manggis, yang berwarna ungu lengkap dengan daun di atasnya. Semua bahan yang digunakan, dan cara membuatnya sama dengan nastar pada umumnya.

Hanya yang membedakannya, terletak pada pewarna makanan di adonan nastar. Kemudian nastar dibentuk bulat, lalu dihiasi dengan fondant berwarna hijau, yang dibentuk mirip seperti daun di atasnya. Ketika sudah matang, hasilnya tak hanya menarik tapi juga mirip dengan manggis.

3. Nastar Ketupat
Bentuk Nastar Unik, Bentuk Burger hingga Buah ManggisFoto: Istimewa

Memeriahkan suasana Lebaran, buat saja kue nastar bentuk ketupat. Tak perlu repot dan bingung saat membuatnya. Adonan yang digunakan sama seperti nastar lainnya, Anda hanya perlu membeli cetakan kue bentuk ketupat di toko peralatan kue.

Cetakan kue ini punya bentuk seperti ketupat, dan ukurannya tidak terlalu besar. Anda cukup menaruh adonan ke dalam cetakan, setelah itu bisa berikan sedikit pewarna makanan hijau agar warnanya lebih cerah dan mirip seperti ketupat.

4. Nastar Daun
Bentuk Nastar Unik, Bentuk Burger hingga Buah ManggisFoto: Istimewa

Penggemar kue nastar, pasti sudah tidak asing lagi dengan nastar daun. Ciri khas dari nastar yang satu ini, terletak pada bentuk dan ukirannya yang mirip seperti daun. Untuk membuat nastar daun tidak perlu menggunakan cetakan, alias bisa dibuat pakai tangan.

Tapi Anda membutuhkan jepitan nastar, untuk membuat motif daun di atas adonan nastar. Setelah membuat motif daun, nastar bisa langsung dipanggang, dan hasilnya akan mirip seperti daun asli.

5. Nastar Bunga
Bentuk Nastar Unik, Bentuk Burger hingga Buah ManggisFoto: Istimewa

Bentuknya yang cantik, membuat nastar bentuk bunga selalu diburu jelang lebaran. Tampilannya sedikit berbeda dengan nastar lainnya, karena di sini isian selai nanas diletakkan di atas adonan nastar. Selain itu sisa adonan juga menghiasi bagian atas, yang menyerupai kuncup bunga.

Baca Juga: Ragam Kue Ikonik yang Meriahkan Silaturahmi Hari Raya

(sob/odi)
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak