Wanita Hamil Tak Boleh Makan Durian, Apa Benar?

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 19 Mei 2019 06:55 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Buah lembut creamy ini disukai banyak orang, aroma tajamnya bahkan amat menggiurkan bagi beberapa ibu hamil. Tapi amankah ibu hamil konsumsi durian?

Dikutip dari Asia One (15/4), banyak orang yang menyebut bahwa buah eksotik ini punya banyak nutrisi hingga tergolong dalam superfood. Meski begitu, hal itu agaknya tidak berlaku bagi ibu hamil.

Wanita Hamil Tak Boleh Makan Durian, Apa Benar?Foto: Istimewa

Menurut Dr Goh Shen Li, seorang konsultan kebidanan dan kandungan SL Goh Women's Clinic di Mount Alvernia Medical Centre D, tidak ada bukti ilmiah bahwa durian termasuk dalam superfood bagi wanita hamil.

Baca juga: 7 Mitos Makanan yang Sering Dipercaya Ibu Hamil

Buah yang tumbuh di daerah tropis ini kaya akan gula dan karbohidrat. Ibu hamil yang ingin memakan durian sebaiknya tidak mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

"Itu karena durian kaya akan gula dan karbohidrat. Lima buah durian ukuran sedang mengandung sekitar 160 kalori. Jumlah itu lebih tinggi dibanding 330 ml minuman bersoda yang hanya mengandung 140 kalori," jelas Dr Goh.

Wanita Hamil Tak Boleh Makan Durian, Apa Benar?Foto: Istimewa

Dr Goh menambahkan bahwa ibu hamil yang menderita diabetes gestasional sebaiknya tidak dulu mengonsumsi durian. Sedangkan bagi ibu hamil dalam keadaan normal, konsumsi durian bisa jadi solusi jika bayi yang dikandung masih terlalu kecil meski sudah akan segera memasuki jadwal kelahiran.

Hal itu dikarenakan jumlah kalori yang ada pada durian. Hanya saja, asupannya harus dibarengi dengan makanan tinggi protein seperti telur dan daging.

Dr Goh juga menyebut bahwa tradisi soal, 'makan untuk dua orang' saat hamil tidaklah benar. Sebaliknya, Anda justru perlu mengetahui berapa total kenaikan berat badan normal ibu hamil.

Konsultan kehamilan senior di Departemen Obstetri dan Ginekologi Singapore General Hospital (SGH) mengungkap bahwa selama kehamilan, kenaikan berat badan seorang wanita normalnya sekitar 12-16 kilogram.

Wanita Hamil Tak Boleh Makan Durian, Apa Benar?Foto: Istock

Biasanya wanita hamil bobotnya akan cepat naik di usia kandungan lebih dari 2,5 bulan. Pada 20 minggu pertama kehamilan, biasanya berat badan ibu hamil hanya naik sebesar 2 hingga 3 kilogram.

Dengan begitu, Anda akan lebih tahu berapa jumlah terbaik konsumsi durian saat sedang hamil.

Baca juga:Wanita Hamil Tetap Bisa Puasa Asal Ikuti Aturan Pola Makan Ini (lus/odi)