Wouw! Warga China Mampu Habiskan 343 Juta Kg Buah Durian Setiap Tahun

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 16 Mei 2019 18:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Masuk ke dalam salah satu makanan yang paling dihindari di dunia. China jadi negara pertama yang mengonsumsi buah durian terbanyak di dunia.

Populer di Asia, buah durian punya aroma tajam yang membuat banyak orang tidak suka. Tapi durian sendiri sudah jadi salah satu makanan favorit warga China, dengan jumlah konsumsi durian yang mencapai ratusan juta kilo per tahunnya.

Baca Juga: Tingginya Permintaan Durian dari China, Lingkungan Malaysia Terancam Rusak
Wouw! Warga China Mampu Habiskan 343 Juta Kg Buah Durian Setiap TahunFoto: Istimewa
Dikabarkan Fresh Plaza (13/05), China dinobatkan sebagai salah satu negara dengan tingkat konsumsi durian terbesar di dunia. Karena ketatnya kebijakan pemerintah perdagangan perbatasan, hanya negara Thailand lah yang dapat mengirim durian dalam jumlah besar ke China.

Setidaknya 75% durian segar yang dikonsumsi warga China, berasal dari Thailand. Data ini didapat dari Chanthaburi District 6 Agricultural Research Center, yang menunjukkan bahwa Thailand sudah mengekspor durian ke 48 negara pada tahun 2018.

Dengan jumlah ekspor durian mencapai 490 juta kg, ternyata 343 juta kg durian diterbangkan ke China. Hal ini membuat durian memiliki potensi ekonomi, sehingga banyak orang China yang mulai berinvestasi dengan membuat perkebunan durian di Thailand. Untuk memastikan bahwa durian-durian ini akan terus berkembang di pasar China.
Wouw! Warga China Mampu Habiskan 343 Juta Kg Buah Durian Setiap TahunFoto: Istimewa
Menurut Kementerian Pertanian Thailand, setidaknya sudah ada 4,121 produsen durian yang sudah memiliki sertifikat di Thailand Timur. Sementara tingkat produsen durian yang sudah bersertifikat meningkat hingga 77%.

Meski sudah mengirim lebih dari 300 juta kg durian, tapi permintaan durian di China jauh melebihi pasokan. Durian sendiri memiliki proses yang panjang dari area produksi, melintasi perbatasan, kemudian baru dijual di pasar China.
Wouw! Warga China Mampu Habiskan 343 Juta Kg Buah Durian Setiap TahunFoto: Istimewa

Perjalanan panjang ini termasuk ke dalam proses perkebunan, teknis, tenaga kerja untuk panen, pemilihan kualitas durian, pembersihan, hingga pengiriman yang semuanya diawasi dengan ketat. Lewat data-data ini menunjukkan, bahwa durian tidak hanya sekedar buah biasa di China, melainkan sudah membuat pasar sendiri di sana.

Selain Thailand, Indonesia juga masuk ke dalam salah satu negara produsen durian. Jenis durian unggul di Indonesia, ada durian J-Queen asal Banyumas, Jawa Tengah, yang dijual dengan harga Rp 14 juta per buahnya.

Baca Juga: Begini Rasa dan Tekstur Durian J-Queen Rp 14 Juta yang Viral (sob/odi)