Bukber Enak dengan Sate Buntel Juicy hingga Serabi khas Solo di Sini

Sonia Basoni - detikFood Senin, 13 Mei 2019 16:15 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kalau sedang rindu buka puasa dengan hidangan khas Solo, bisa mampir ke 5 resto yang ada di Jakarta ini. Selain punya menu makanan yang enak, ruangannya juga nyaman untuk bukber.

Kota Solo punya banyak kuliner yang lezat dan menggugah selera. Kuliner Solo ini punya ciri khas sendiri di setiap masakannya. Salah satunya ada nasi liwet, selat Solo, sate buntel, hingga serabi manis yang cocok sebagai menu berbuka puasa bersama teman atau keluarga.


1. Waroeng Solo

Bukber Enak dengan Sate Buntel Juicy hingga Serabi khas Solo di SiniFoto: Istimewa

Berkunjung ke Waroeng Solo di Kemang, Anda akan disambut dengan rumah makan berbentuk joglo, Nuansa tradisionalnya begitu terasa, apalagi menu makanan yang ditawarkan, dijamin bisa mengobati rindu akan kampung halaman.

Menu makanan yang ditawarkan tentunya khas Solo. Di sini bisa menu andalannya ada sego liwet yang disajikan dengan sambal goreng labu, suwiran ayam opor, dan areh. Lalu ada juga tengkleng, dan mie jawa dengan porsi royal. Tak ketinggalan serabi khas Solo yang legit. Resto ini cocok untuk jadi tempat buka puasa bersama.

Baca Juga: Waroeng Solo: Sedep Uenak! Garang Asem Ayam dan Tengkleng di Rumah Joglo


Waroeng Solo
Joglo @ Kemang
Jl. Madrasah No. 14
Kemang, Jakarta Selatan
Telepon: 021 78843144


2. Dapur Solo Matraman

Bukber Enak dengan Sate Buntel Juicy hingga Serabi khas Solo di SiniFoto: Istimewa
Kalau berencana buka puasa dengan teman atau keluarga, dan ingin makan sajian khas Solo bisa mampir ke Dapur Solo yang ada di wilayah Matraman. Di sini tempatnya luas dan nyaman, dengan pilihan menu yang beragam,

Salah satu menu yang wajib dicoba ada Nasi Langgi Solo, yang disajikan dengan nasi kuning, empal goreng, abon sapi, telur dadar, hingga sambal. Tersedia juga menu Selat Solo yang hits, disajikan dengan telur pindang, daging, dan kentang goreng.

Dapur Solo Matraman
Jl. Matraman Raya, Matraman, Jakarta.
Telp: 021 29821966


3. Pawon Solo

Bukber Enak dengan Sate Buntel Juicy hingga Serabi khas Solo di SiniFoto: Istimewa
Berlokasi di wilayah Kemang, restoran Pawon Solo tampil sederhana dengan nuansa interior khas Jawa. Di sini konsepnya restoran keluarga, dan cocok jadi pilihan resto untuk berbuka puasa bersama.

Untuk menu yang dihadirkan, ada Selat Solo yang enak, tersedia juga Nasi Gurih yang disajikan dengan Ayam Penyet. Kemudian bisa pesan Sup Pengantin hingga Nasi Liwet dan Nasi Gudeg Komplet.

Pawon Solo
Jl. Kemang Raya No. 75 B, Kemang, Jakarta.
Telp: 021 71790450


4. D'Solo
Bukber Enak dengan Sate Buntel Juicy hingga Serabi khas Solo di SiniFoto: Istimewa
Di daerah Melawai ada restoran D'Solo yang terkenal punya banyak menu khas kota Solo. Di sini juga menyediakan menu takjil, dan kudapan lainnya untuk berbuka puasa. Kalau menu yang ditawarkan cukup beragam.

Menu andalannya ada Tahu Acar, Pindang Bandeng, Selat Solo, Nasi urap Solo, Nasi Liwet Solo, Nasi Langgi, hingga Lntong Solo yang disajikan dengan suwiran ayam opor kuning, dan sambal goreng kentang, hingga telur pindang yang manis gurih.

D'Solo
Jl. Melawai Raya No. 189 G, Melawai, Jakarta.
Telp: 02172787371


5. Ayam Bakar Wong Solo

Bukber Enak dengan Sate Buntel Juicy hingga Serabi khas Solo di SiniFoto: Istimewa
Sesuai namanya, restoran yang satu ini punya menu spesialis ayam bakar khas Solo. Tapi tak perlu khawatir, karena banyak menu makanan khas Solo lainnya yang terdapat di restoran ini.

Di sini menu ayam bakarnya terkenal enak, dengan bumbu yang meresap sempurna hingga ke bagian dalam daging. Kemudian terdapat orek tempe, terong, dan keremesan. Di sini juga tersedia tumis genjer yang enak.

Ayam Bakar Wong Solo
Jl. Lapangan Ros No. 27, Tebet, Jakarta.
Telp: 021 8282058

Baca Juga: Bersantai Sambil Makan Enak di 5 Resto dengan Arsitektur Jawa yang Unik (sob/odi)