Sluurp! Empal Gentong H. Apud Kini Bisa Dinikmati Kapan Saja

Sudirman Wamad - detikFood Senin, 13 Mei 2019 08:33 WIB
Foto: Sudirman Wamad/detikcom Foto: Sudirman Wamad/detikcom
Jakarta - Empal gentong jadi kuliner khas Cirebon. Kini sebuah rumah makan empal gentong melakukan terobosan dengan kemasan kaleng.

Rumah makan empal gentong tersebut adalah RM. H Apud. Rumah makan ini tersebar di tiga lokasi, ada di Jalan Tuparev Cirebon, Jalan Ir H Juanda Cirebon, dan Pasar Batik Trusmi.

Nama H Apud merupakan nama panggilan dari Machfud, selaku pemilik rumah makan. Uniknya, empal gentong H Apud ini bisa dijadikan oleh-oleh. Ya, bukan cuma dinikmati saat berada di Cirebon, tapi bisa dibawa pulang. H Apud mengeluarkan produk empal gentong kemasan kaleng.

Sluurp! Empal Gentong H. Apud Kini Bisa Dinikmati Kapan SajaFoto: Sudirman Wamad/detikcom
Empal gentong kemasan kaleng ini, dikatakan Apud bisa bertahan selama satu tahun. "Memang empal ini kan mengandung santan, artinya mudah basi. Tapi, empal gentong kemasan kaleng ini sudah diolah dengan mesin canggih. Bisa tahan satu tahun kok," kata Apud saat berbincang dengan detikcom di Pasar Batik Trusmi Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jabar, Selasa (7/5/2019/).

Apud tak menampik, empal gentong kemasan kaleng diburu wisatawan. Produksi empal gentong kemasan kaleng baru dilakukan sekitar satu tahunan.

"Ya kita buka stan-stan. Dalam satu bulan penjualannya bisa 200 dus lebih, yang satu dus itu isinya 50 kaleng," ucapnya. Apud menjamin perbandingan rasa antara empal gentong kemasan kaleng dengan yang biasa tidak ada bedanya. "Rasanya sama, cuma beda pengolahannya. Harganya ada yang Rp 35 ribu dan Rp 40 ribu," kata Apud.
Sluurp! Empal Gentong H. Apud Kini Bisa Dinikmati Kapan SajaFoto: Sudirman Wamad/detikcom
Empal gentong merupakan olahan daging sapi yang mirip soto berkuah santan kuning. Irisan daging sapi yang kadang ditambah jeroan ditaburi kucai dan bawang merah goreng. Rasanya gurih harum mirip soto kuning.

Dengan kemasan kaleng, empal gentong H. Apud bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja. Tak perlu ke Cirebon. Tinggal buka kemasan kaleng empal gentong dan menghangatkan. Bisa untuk sajian sahur atau saat ada di luar negeri. Praktis dan tetap sedap.

(odi/odi)