Takjil Manis dan Gurih

Berburu Takjil di Pasar Kauman hingga Jalur Gaza Yogyakarta

Devi Setya - detikFood Sabtu, 11 Mei 2019 11:34 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih
Jakarta - Suasana meriah Ramadhan juga terasa di beberapa daerah di Indonesia. Seperti di kota Yogyakarta yang rutin menggelar pasar takjil.

Pasar takjil di Yogya tak kalah seru karena banyak orang ngabuburit sambil berburu jajanan untuk berbuka puasa. Pasar takjil dadakan ini bahkan terbilang legendaris karena sudah ada puluhan tahun lalu.

1. Pasar Ramadhan Kauman
Berburu Takjil di Pasar Kauman hingga Jalur Gaza Yogyakarta Foto: istimewa

Pasar Kauman ini disebut-sebut sebagai pelopor munculnya pasar kaget Ramadhan di Yogya. Pasar kuliner yang berlokasi di Jalan Ahmad Dahlan, Kampung Kauman ini sudah ada sejak tahun 1990-an.

Inisiatornya adalah masyarakat sekitar yang mulai berjualan camilan. Di pasar ini terkenal menawarkan kicak yakni takjil khas Kauman yang terbuat dari tepung beras ketan, gula merah, nangka dan kelapa parut. Pasar ini buka sepanjang bulan Ramadhan mulai pukul 15.30-18.00 WIB.

Baca juga : Yuk, Berburu Takjil Enak di Pusat Jajanan Ramadhan Jakarta Pusat!

2. Jalur Gaza Nitikan
Berburu Takjil di Pasar Kauman hingga Jalur Gaza Yogyakarta Foto: istimewa

Jalur Gaza yang satu ini bida dipastikan aman untuk berjualan atau berbelanja takjil. Pasar Jalur Gaza ini ada di sepanjang jalan Sorogenen, Nitikan. Gaza sendiri adalah singkatan dari Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada.

Di jalur Gaza ini ada banyak makanan manis dan gurih yang bisa jadi santapan berbuka puasa. Ada kuliner tradisional hingga makanan kekinian yang siap diborong.

3. Kampoeng Ramadhan Jogokariyan
Berburu Takjil di Pasar Kauman hingga Jalur Gaza Yogyakarta Foto: istimewa

Kalau mau leluasa berbelanja makanan buka puasa sambil jalan-jalan, cobalah datang ke pusat takjil yang satu ini. Lokasinya di sepanjang Jalan Jogokariyan yang luas dan tertata rapi.

Pasar takjil ini rutin digelar setiap Ramadhan mulai tahun 2005. Setidaknya ada lebih dari 300 pedagang makanan dan minuman yang menawarkan takjil enak. Jangan khawatir soal harga, pasar ini ramai dikunjungi karena harga hidangannya ramah di kantong.

4. Pasar Kaget Lembah UGM

Setiap datang Ramdhan, kawasan Kampus UGM ini berubah menjadi pasat tiban alias pasar kaget yang menjajakan kuliner Ramadhan. Banyak orang yang jalan-jalan sambil berburu aneka jajanan.

Berbagai makanan yang dijual di sini antara lain es buah, es kacang hijau, siomay, batagor, gorengan , lupis, sop durian dan lain sebagainya. Selain masyarakat, pedagangnya juga banyak dari kalangan mahasiswa.

Baca juga : Kenyal Gurih Sate Susu di Pasar Ramadhan Kampung Jawa

5. Pasar Ramadhan Pakualam
Berburu Takjil di Pasar Kauman hingga Jalur Gaza Yogyakarta Foto: istimewa

Secara resmi pasar Ramadhan ini bernama Gajah Mada Ramadhan Festival. Pasar kuliner ini terbilang paling baru dan paling modern karena baru beroperasi tahun 2015.

Di jalur sepanjang 200 meter berbaris rapi para pedagang kuliner khas berbuka puasa. Aneka kue dan minuman menjadi jajanan yang paling diburu di pasar kaget ini. Tapi tak hanya makanan, di pasar ini juga bisa dijumpai pakaian hingga aksesoris unik. (dvs/odi)
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih