Resep 'Chicken Strips' Renyah ala Fast Food Buat Buka Puasa si Kecil

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 10 Mei 2019 11:31 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Fillet ayam goreng berbalut tepung ini disukai anak-anak. Bisa jadi menu buka puasa sekaligus hadiah buat mereka. Jangan lupa sajikan bersama french fries.

Untuk daging ayam bisa dipakai fillet ayam. baik bagian 'tender' yang bentuknya runcing memanjang. Atau bagian dada tanpa kulit dan tulang. Cara membuatnya mudah dan praktis, ikuti saja langkah-langkah ini.


Resep 'Chicken Strips' Renyah ala Fast Food Buat Buka Puasa si KecilFoto: iStock

1. Fillet ayam
Siapkan 500 g fillet ayam yang sudah dibersihkan dari tulang dan kulit. Potong memanjang dengan lebar 1 cm sehingga berukuran seperti jari telunjuk.

Resep 'Chicken Strips' Renyah ala Fast Food Buat Buka Puasa si KecilFoto: iStock/detikfood

2. Bumbu
Untuk bumbu ayam, campur jadi satu, 3 siung bawang putih yang diparut, 1/2 sdt merica bubuk, 1 sdt garam dan 1 sdm air jeruk nipis. Untuk adonan lapisan, campur 200 g tepung terigu bersama 2 sdt bawang putih bubuk, 1 sdt lada hitam bubuk, 1 sdm cabai merah bubuk (bisa disesuaikan dengan selera) dan 2 sdt garam. Siapkan juga 2 putih telur ayam yang dikocok hingga berbuih.

Resep 'Chicken Strips' Renyah ala Fast Food Buat Buka Puasa si KecilFoto: The Pioneer Woman

3. Campur ayam dengan bumbu
Aduk potongan ayam dengan bumbu ayam hingga rata dan remas-remas hingga meresap. Diamkan selama 30 menit. 4. Melapisi ayam dengan tepung Celupkan ayam berbumbu dalam putih telur kocok lalu gulingkan dalam campuran tepung berbumbu. Ulangi dua kali sambil tekan hingga tepung melekat. Diamkan sebentar hingga agar kering.

Resep 'Chicken Strips' Renyah ala Fast Food Buat Buka Puasa si KecilFoto: iStock

5. Menggoreng ayam
Panaskan minyak banyak dalam panci atau wajan yang dalam. Goreng potongan ayam berbumbu dengan api sedang hingga kuning keemasan. Tiriskan selama beberapa saat hingga benar-benar tiris. Sajikan dengan mayonnaise botolan dan french fries.

(odi/odi)