Menu Unik Berbuka Puasa, Kurma Segar Diaduk Dalam Nasi Goreng Pedas

Erliana Riady - detikFood Jumat, 10 Mei 2019 09:29 WIB
Foto: Erliana Riady/detikcom Foto: Erliana Riady/detikcom
Jawa Timur - Bukan nasi goreng kampung tetapi sebuah kafe di tengah Kota Blitar ini punya racikan nasi goreng spesial di bulan ramadhan. Nasi goreng dengan paduan kurma yang legit. Gimana rasanya ya?

'Friends' Cafe yang berlokasi di Jalan Dr Wahidin no 74 Blitar, menawarkan menu khusus selama Ramadhan. Buah dari Timur Tengah yang jadi ikon ramadhan idikombinasikan dengan nasi goreng dan jus buah.

Ya, dari namanya nasi goreng kurma memang menimbulkan rasa penasaran. Buah kurma yang legit dimasak jadi satu dengan nasi berbumbu pedas gurih. Nasi goreng dibumbui dan dimasak seperti biasa. Di tahap akhir ditambahkan irisn kurma memanjang dan diaduk rata lalu disajikan hangat.

Menu Unik Berbuka Puasa, Kurma Segar Diaduk Dalam Nasi Goreng PedasFoto: Erliana Riady/detikcom

"Enak juga ya ternyata. Kebetulan saya suka makanan pedas. Ini tadi pesannya nasgor kurma pedas. Di sela rasa pedas itu, terselip legitnya kurma. Jadi makin semangat buka puasa karena ada kombinasi rasa baru yang bisa dinikmati," aku seorang pelanggan baru, Nanda Dyah pada detikcom, Kamis (9/5/2019).

Nanda mengaku tertarik datang ke kafe 'Friends' karena menu khusus itu. Rasa penasaran akan menu nasgor kurma, membuatnya memilih berbuka puasa dengan mengajak rekan kerjanya.

Menu Unik Berbuka Puasa, Kurma Segar Diaduk Dalam Nasi Goreng PedasFoto: Erliana Riady/detikcom

Sang pemilik kafe, Supriyadi mengaku, sengaja menawarkan menu khusus selama Ramadhan untuk meningkatkan omzet penjualannya. Menu khusus ini, diperoleh berdasarkan permintaan para pelanggan yang ingin ada menu berbeda ketika berbuka puasa.

"Menu modifikasi kurma ini dari rekues pelanggan juga ya. Mereka ingin menu baru yang berbeda dengan menu reguler lainnya. Saya kepikir kurma, yang identik atau ikonnya bulan puasa. Ketika kami coba diolahan nasi goreng, ternyata masuk juga," kata Supriyadi pada detikcom.

Menu Unik Berbuka Puasa, Kurma Segar Diaduk Dalam Nasi Goreng PedasFoto: Erliana Riady/detikcom

Untuk melengkapi menu nasgor kurma ini, Supriyadi menambahkan jus buah kurma. Warna jus yang cokelat muda, menambah lengkap menu berbuka puasa tanpa mengurangi rasa segarnya.

Untuk satu paket nasgor dan jus kurma ini, Supriyadi mematok harga Rp 30 ribu. Dengan rincian nasgor kurma seharga Rp 20 ribu, dan jus kurma harganya Rp 10 ribu.

(adr/odi)