Inces Syahrini, Begini Lho Cara Memotong Wortel yang Benar

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 08 Mei 2019 15:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Cara potong wortel Syahrini dikritik netizen. Tak sekadar memotong, ada banyak cara memotong wortel lho!

Ada hal istimewa dalam kediaman Reino Barack dan Syahrini di hari kedua puasa. Wanita yang akrab disapa Inces itu memasak sendiri hidangan berbuka untuk dirinya dan sang suami.

Syahrinipun membagikan hasil masakan tersebut lewat Insta storynya. Tak hanya memperlihatkan dua piring ikan dori goreng tepung miliknya, ia juga mengunggah sebuah video saat beraksi di dapur.

Dalam video singkat itu, penyanyi kelahiran Sukabumi tersebut tampak serius memotong wortel. Caranya memotong wortel itu pun jadi buah bibir netizen.

Syahrini dinilai memotong wortel dalam posisi yang kurang tepat lantaran ia sengaja memotongnya dalam posisi wortel berdiri tegak. Belum lagi talenannya ikut bergeser saat ia memotong wortel. Banyak netizen yang khawatir tangan pelantun lagu 'Restu' itu tergores pisau dapur.

Inces Syahrini, Begini Lho Cara Memotong Wortel yang BenarFoto: instagram

Lalu bagaimana cara memotong wortel yang benar? Sebelum memotong wortel, pastikan pisau yang digunakan cukup tajam. Jangan lupa alasi talenan dengan handuk atau serbet dapur agar tak ikut bergeser saat wortel dipotong.

Tak sekadar dibelah atau dipotong vertikal, ada jenis-jenis dasar potongan wortel yang sering dipakai chef atau ibu rumah tangga.

1. Potong dadu

Inces Syahrini, Begini Lho Cara Memotong Wortel yang Benar!Foto: iStock

Potong dadu atau macedoine dalam istilah Prancis. Sayur dipotong dengan ketebalan sekitar 6 mm. Jenis potongan ini cocok jika Anda ingin membuat sup sayur atau salad buah.

Ada pula iris dadu kecil bernama brunoise. Sayuran yang sudah diiris memanjang kemudian dipotong-potong kembali hingga menghasilkan potongan dadu kecil. Potongan ini sering digunakan untuk isian makanan atau ragout.

2. Iris halus

Inces Syahrini, Begini Lho Cara Memotong Wortel yang Benar!Foto: iStock

Iris halus atau kerap disebut shredded biasa digunakan untuk sayuran hijau, kol, bawang, dan selada. Cara memotong sayuran iris halus, cukup pisahkan batang dan bonggolnya lebih dulu. Kemudian tumpuk daun dan gulung. Lalu iris gulungan tersebut sesuai dengan ketebalan yang diinginkan.

3. Cincang

Inces Syahrini, Begini Lho Cara Memotong Wortel yang Benar!Foto: iStock

Teknik potong cincang atau minced terdiri dari dua pilihan hasil. Hasil cincangan halus atau kasar. Biasanya jenis potongan ini digunakan untuk mencincang bumbu dapur seperti bawang putih yang digunakan untuk menumis. Atau sayuran yang sengaja dipotong tak beraturan alias cincang kasar.

4. Potong korek api

Inces Syahrini, Begini Lho Cara Memotong Wortel yang BenarFoto: Istimewa

Ini jenis potongan yang kerap digunakan. Namanya potong korek api atau lebih dikenal dengan irisan gaya Prancis bernama julienne. Sayuran seperti wortel, mentimun, paprika hingga kentang yang sering dipotong dengan bentuk ini.

Biasanya hasil irisan korek api dipakai untuk garnish. Karenanya jenis potongan ini pas untuk keperluan garnish dori goreng tepung milik Syahrini.

Jika iya, cara memotong wortel bentuk korek api yang tidak membahayakan dan aman ialah dengan cara memotong wortel utuh kurang lebih 4 cm. Lalu belah dua potongan tersebut. Sisanya cukup potong dengan diameter 1-2 mm atau sesuai ketebalan yang diinginkan dalam posisi wortel melintang di atas talenan.

Baca juga: Masak Untuk Buka Puasa, Syahrini : Ikan Dori Kreasi Istri Teruntuk Suami (dwa/odi)