Keren! Di Kenya, Kulit Ikan Disulap Jadi Sepatu Hingga Jaket

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 06 Mei 2019 12:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jika tak terpakai, biasanya kulit ikan dibuang. Namun, di Kenya pengusaha ini memanfaatkan kulit ikan untuk dibuat sepatu hingga jaket yang modis.

Untuk membantu kurangi limbah makanan yang dihasilkan dari kulit ikan. Daripada terbuang sia-sia, Fish Tanner, seorang penyamak ikan asal Kenya membuat sepatu hingga jaket dengan bahan baku kulit ikan.

Keren! Di Kenya, Kulit Ikan Disulap Jadi Sepatu Hingga JaketFoto: iStock

Dikutip dalam Now This News, kulit ikan dijemur selama satu hari penuh. Air yang terkandung di dalam kulit ikan akan keluar hingga mengering. Kulit ikan yang kering disebut kerak dan ini adalah proses penyamakan ikan.

Baca juga: Kriuk! Renyah Gurih Kulit Ikan Goreng Berbalut Bumbu Telur Asin

Newton Owino memulai bisnis penyamakan ikan di Kisumu, Kenya. Ide bisnisnya ini tercetus setelah melihat banyak kulit ikan yang terbuang sia-sia. "Di Kisumu kami memiliki beberapa industri filleting atau pemotongan ikan tanpa tulang. Industri ini akan menghasilkan hampir 150.000 ton limbah ikan. 80 persennya dari kulit ikan," ujar Newton.

Keren! Di Kenya, Kulit Ikan Disulap Jadi Sepatu Hingga JaketFoto: Istimewa

Awalnya kulit ikan hanya dibuang begitu saja. Setelah beberapa tahun, Owino mempekerjakan 12 karyawan. Para karyawan inilah yang membantu dirinya untuk membuat kulit ikan menjadi barang-barang fesyen seperti sepatu hingga jaket.

"Saya merasa senang dan juga bangga," ujarnya.

Keren! Di Kenya, Kulit Ikan Disulap Jadi Sepatu Hingga JaketFoto: Istimewa

Lawrence Odero, selaku pelanggan Newton juga mengatakan usaha ini sangat bagus karena memanfaatkan sisa limbah menjadi produk bernilai ekonomi yang tinggi.

Baca juga: 3 Bersaudara Asal Indonesia Sukses Jual Keripik Telur Asin di Singapura

(lus/odi)