Belanja Ramadan

Masak Nasi Goreng untuk Sahur Lebih Cepat dengan Stok Bumbu Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 05 Mei 2019 10:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Belanja Ramadan
Jakarta - Nasi goreng jadi hidangan praktis yang sering dibuat selama ramadan. Untuk masak nasi goreng enak dan cepat, coba bikin stok bumbunya.

Membuat dan menyimpan bumbu nasi goreng bisa membuat proses masak jadi tak repot. Bumbu nasi goreng ini sudah halus dan tinggal dipanaskan bersama nasi saat ingin membuat nasi goreng. Kalau terarik meracik bumbu nasi goreng sendiri, ikuti langkah ini.

Untuk membuat stok bumbu nasi goreng, siapkan 12 buah cabe merah keriting, 5 buah cabe rawit merah, 5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, dan 1 sdt terasi bakar atau kukus. Haluskan bahan-bahan tersebut dengan blender.

Masak Nasi Goreng untuk Sahur Lebih Cepat dengan Stok Bumbu IniFoto: Istimewa

Baca Juga: Bikin Nasi Goreng Sosis yang Enak Gampang, Ikuti Saja Langkah Ini

Di wajan, panaskan minyak sayur sekitar 3 sendok makan. Tuangkan bumbu halus dan masak hingga mendidih dan agak kental berminyak. Pastikan air dalam cabe sudah menguap. Dinginkan sambal lalu masukkan dalam wadah kedap udara.

Stok bumbu nasi goreng ini bisa disimpan di suhu ruang, tapi kalau tak mau dipakai setiap hari, simpan bumbu dalam lemari es. Bumbu ini bertahan lebih dari seminggu. Saat akan dipakai, tinggal panaskan secukupnya sesuai jumlah nasi dan tambahkan bahan-bahan lain dan nasi sesuai selera.

Masak Nasi Goreng untuk Sahur Lebih Cepat dengan Stok Bumbu IniFoto: Istimewa

Nah, soal racikan nasi goreng yang enak, selain bumbunya juga penting memperhatikan cara memasaknya. Chef China menyarankan penggunaan wok atau wajan cekung untuk memasak nasi goreng.

Selain itu disebut-sebut api yang panas membuat nasi menjadi renyah garing luarnya tetapi empuk di bagian dalam. Para ilmuwan belum lama ini menemukan bahwa rahasia nasi goreng yang enak terletak pada teknik menumis yang benar. Tepatnya nasi harus diaduk tiap 0.32 detik atau sepertiga detik.

Bukan sekadar diaduk tetapi dengan gerakan maju mundur tanpa mengangkat wajan dari api. Ketika wajan digoyang maju, nasi diaduk ke arah belakang dan sebaliknya. Selamat meracik nasi goreng!

Baca Juga: Kata Ahli Ini Trik yang Bikin Nasi Goreng Buatan Resto Rasanya Enak
(adr/odi)
FOKUS BERITA Belanja Ramadan