Bikin Sendiri Kering Udang hingga Ubi, 5 Lauk Kering Pedas Untuk Stok

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 05 Mei 2019 05:58 WIB
FOKUS BERITA Belanja Ramadan
Jakarta - Kering kentang hingga teri kacang bisa dijadikan stok lauk untuk sahur. Selain tidak mudah basi, cara membuat dan menyimpannya pun cukup mudah.

Lauk kering ini jika dibuat dari sekarang dan disimpan dalam wadah tertutup bisa jadi stok lauk sahur. Jadi Anda tak perlu repot lagi menyiapkan lauk untuk sahur nanti.

Berikut 5 lauk kering yang bisa bangkitkan selera saat santap sahur.

1. Kering kentang asin

Jelang Ramadan Buat 5 Lauk Kering Bercita Rasa Pedas Ini, Yuk!Foto: Istimewa

Bosan dengan kentang mustofa atau kentang potong panjang pendek yang digoreng garing dan diselimuti bumbu pedas manis? Anda bisa membuat kering kentang asin.

Kentang diiris melintang tipis seperti keripik lalu dipadu dengan ikan kapas goreng kering. Keduanya kemudian diaduk dalam bumbu pedas manis dengan irisan cabe merah. Menu ini mudah dibuat. Ikuti saja resep ini.


2. Kering teri kacang

Jelang Ramadan Buat 5 Lauk Kering Bercita Rasa Pedas Ini, Yuk!Foto: Istimewa

Foto: Instagram windy_kho
Lauk kering yang satu ini tak pernah mengecewakan selera. Tediri dari ikan teri tawar gurih renyah plus kacang dan cabai goreng. Rasanya jadi renyah gurih manis dan sedikit pedas. Cocok dilahap dengan nasi hangat.

Untuk itu buat sendiri kering teri kacang lezat di rumah sebagai stok lauk sahur nanti. Caranya ada dalam resep ini.

3. Kering ubi manis

Jelang Ramadan Buat 5 Lauk Kering Bercita Rasa Pedas Ini, Yuk!Foto: Istimewa

Ubi tak hanya enak dijadikan bahan bukaan seperti kolak atau bubur. Tapi juga sedap dijadikan lauk kering. Apalagi kalau bukan kering ubi manis. Rasanya gurih manis sekaligus renyah. Yuk, intip cara bikin kering ubi manis di sini.

4. Kering tempe

Jelang Ramadan Buat 5 Lauk Kering Bercita Rasa Pedas Ini, Yuk!Foto: iStock

Lauk sederhana ini juga bisa bangkitkan selera saat santap sahur nanti. Tempe jadi salah satu comfort food yang enak sekaligus punya beragam manfaat. Selain itu harganya pun cukup terjangkau.

Jadi tak ada salahnya untuk membuat kering tempe dalam jumlah banyak jelang puasa ini. Sebab mudah disimpan, proses pembuatannya pun terbilang praktis. Ikuti saja resep ini.

5. Kering udang pedas

Jelang Ramadan Buat 5 Lauk Kering Bercita Rasa Pedas Ini, Yuk!Foto: Istimewa

Penyuka udang dijamin suka dengan lauk kering yang satu ini. Rasa gurih udang yang digoreng kering berpadu dengan bumbu cabai yang pedas menggigit.

Belum lagi aroma daun jeruk yang pasti bisa bikin perut tambah keroncongan. Lauk kering yang pas untuk bangkitkan selera makan saat sahur ini bisa dibuat dengan resep ini.

(dwa/odi)
FOKUS BERITA Belanja Ramadan