Belanja Ramadan

Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Penting Ini Saat Beli Gula Merah

Devi Setya - detikFood Kamis, 02 Mei 2019 19:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
FOKUS BERITA Belanja Ramadan
Jakarta - Gula merah jadi salah satu bahan penting selama Ramadan. Pemanis alami ini jadi salah satu bahan baku untuk membuat kolak dan aneka hidangan manis.

Karena dipakai pada banyak hidangan Ramadan, gula merah bisa jadi salah satu bahan yang dijadikan stok di rumah. Tapi sebelum membeli dalam jumlah banyak, simak dulu tips memilih dan menyimpan gula merah.

1. Lihat warna gula merah
Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Penting Ini Saat Beli Gula Merah Foto: istimewa

Gula merah berkualitas bagus akan memiliki warna coklat terang dan merata. Meskipun ada juga gula merah yang tradisional yang hadir dengan warna coklat gelap dan kusam.

Hindari membeli gula merah yang warnanya tak merata atau memiliki bercak dan tampak kotor. Jika di dalam gula terdapat kotoran yang cukup banyak, sebaiknya jangan membeli gula ini.

Baca juga : Kenali Jenis-jenis Si Gula Merah

2. Perhatikan aroma, tekstur dan rasa gula merah
Langkah selanjutnya yang tak boleh luput dari perhatian juga adalah tekstur gula merah. Pilih gula merah yang kering, padat dan bentuknya utuh.

Tekstur gula merah yang bagus umumnya agak keras sehingga tak mudah hancur atau meleleh. Sebaliknya, gula merah yang berkualitas buruk memiliki tekstur rapuh, mudah hancur dan mudah meleleh saat terkena suhu agak panas.

Gula merah yang berkualitas bagus juga memiliki aroma yang wangi alami dan segar. Hindari membeli gula merah yang beraroma asam karena gula ini disinyalir palsu atau ditambahkan bahan lain.

3. Beli gula merah alami
Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Penting Ini Saat Beli Gula Merah Foto: detikcom

Gula merah alami identik dijual dengan bungkus daun salak dan diikat dengan tali yang terbuat dari bambu. Kemasan tradisional ini dikenal dengan sebutan tutus. Gula merah juga dikemas secara tersusun.

Saat ini memang agak sulit menemukan gula merah tradisional di pasaran. Kebanyakan penjual mengemas gula merah dalam bungkus plastik putih.

4. Perkirakan jumlah pembelian
Meskipun akan digunakan setiap hari sebagai bahan campuran kolak atau takjil lain, sebaiknya tak kalap saat membeli gula merah. Perkirakan jumlah pemakaian dengan jumlah yang akan dibeli.

Jika membeli gula merah terlalu banyak, dikhawatirkan kualitasnya agak menurun. Apalagi gula merah juga terkenal lebih sensitif dan mudah rusak saat penyimpanannya tak benar.

Baca juga : Bubur dan Setup Buah, Olahan Legit Wangi dari Gula Merah

5. Simpan di tempat sejuk
Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Penting Ini Saat Beli Gula Merah Foto: iStock

Meskipun terbilang sensitif, menyimpan gula merah tidaklah sulit. Cukup tempatkan gula merah dalam wadah tertutup dan simpan di tempat sejuk.

Sebenarnya gula merah aman disimpan dalam suhu ruang namun agar masa simpannya lebih lama bisa disimpan dalam lemari es. Jauhkan gula merah dari paparan matahari langsung dan jangan simpan di dekat makanan cair maupun makanan berbau menyengat.

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Belanja Ramadan